Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan dan Jawaban saat Interview Kerja di Indomaret

Pertanyaan dan Jawaban saat Interview Kerja di Indomaret

Pertanyaan dan Jawaban Interview Indomaret atau Alfamart

Dikesempatan kali ini saya ingin memberitahukan kepada teman-teman semua pertanyaan dan jawaban saat interview kerja di indomaret. Ini bisa berguna saat nanti kalian itu interview di Indomaret ataupun di Alfamart. 

Mengenai pertanyaan interview indomaret ada bermacam-macam pertanyaan. Ketika nanti kita interview, banyak sekali pertanyaan yang akan dilontarkan oleh tim HRD kepada kalian semua. Saat nanti kalian itu interview, mau itu di Indomaret ataupun di Alfamart ya. 

Di sini ada sekitar 10 pertanyaan yang saya pilih berdasarkan survey yang saya lakukan kepada teman-teman yang sudah lolos ataupun dari berbagai media. Ada pertanyaan yang umum ditanyakan, pastinya akan ditanya saat nanti kita itu interview indomaret.

1. Ceritakan tentang diri Anda

Baik, kita langsung ke pertanyaan yang pertama. Untuk di pertanyaan yang pertama biasanya diawali dengan pembukaan. Biasanya diawali dengan silahkan ceritakan diri Anda? Nah disini teman teman bisa menceritakan tentang diri kalian ya. Bisa itu mulai dari memperkenalkan diri, nama, tempat tinggal, kemudian temen-temen dulunya sekolah di mana. Bisa juga teman-teman sertakan dulunya teman-teman itu bekerja apa, bekerja di mana. 

Dan buat teman-teman yang fresh graduate atau yang baru tamat sekolah, tidak perlu menceritakan bahwasanya temen-temen itu dulunya bekerja di mana karena kan teman-teman baru tamat sekolah. Dan jika ada yang perlu teman-teman sampaikan tentang diri temen-temen, sampaikan saja. Yang penting itu berbentuk positif ya, jangan yang negatifnya.

2. Alasan melamar disini

Oke kita lanjut saja ke pertanyaan yang kedua. Nah untuk pertanyaan yang kedua, mengapa Anda melamar di perusahaan ini?, Kenapa Anda memilih kerja di Indomaret?  atau Apa alasan melamar pekerjaan? .

Untuk pertanyaan interview kerja ini bisa temen-temen jawab seperti ini : saya melamar di perusahaan ini karena saya melihat bahwasanya bursa ini sedang membutuhkan tenaga kerja untuk posisi sebagai berikut. 

Silahkan teman-teman sebutkan, mau pramuniaga ataupun kasir. Dan saya mendapatkan informasi ini dari salah satu akun official di Instagram ataupun di Facebook. 

Sebutkan di mana temen-temen itu mendapatkan informasi ini. Ini adalah jawaban dari kenapa Anda memilih kerja di Indomaret yang standar. 

Untuk jawaban yang lebih baik tentang alasan melamar, kamu bisa menggunakan 5 tips berikut :
  1. Hindari alasan yang bersifat personal
  2. Kontribusi yang bisa kamu berikan
  3. Ada hubungannya dengan perusahaan
  4. Bertumbuh bersama
  5. Tunjukkan kepercayaan diri
Untuk detail jawaban ini, kamu bisa baca di artikel Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan di Perusahaan.

Yang perlu diperhatikan dalam menjawab pertanyaan ini adalah kamu jawab dengan jujur, tegas, dan juga konsisten. Kita lanjutkan ke pertanyaan interview indomaret dan jawabannya yang ketiga.

3. Apa kelebihan Anda

Kita lanjut ke pertanyaan yang selanjutnya. Untuk pertanyaan yang ketiga ialah, Apa kelebihan Anda? Nah disini temen-temen bisa menceritakan apa sih kelebihan kalian. Apa sih kemampuan yang kalian miliki. Silakan kalian ceritakan saja.

Kalian bilang kepada HRD bahwasanya kelebihan saya ini Pak. Saran saya, kalian tuh tidak perlu berlebihan dalam menceritakan kelebihan ini. Jadi saran saya sekedarnya saja, jangan terlalu berlebihan.

4. Apa kekurangan Anda

Oke kita lanjut ke pertanyaan yang keempat, sebutkan apa kekurangan Anda? Nah ini juga saya kira bakalan ditanyakan saat nanti kalian itu interview ya. Di sini kalian itu bisa menyebutkan apa sih kekurangan kalian. Jangan kalian bilang itu tidak ada, tidak mungkin manusia itu tidak memiliki kekurangan. 

Tim HRD pun sudah mengetahui itu jika kalian jawab tidak ada atau tidak punya, sudah pasti temen-temen itu dianggap berbohong ataupun tidak jujur. Kalian jawab sejujurnya saja tapi jangan terlalu menjatuhkan diri kalian sendiri. Ini akan menjadi kerugian kalian sendiri. 

Contohnya seperti ini : kekurangan saya itu ya Pak, saya orangnya tidak sabaran. Saya itu ingin cepat-cepat selesai, sehingga ketika ada pekerjaan dari atasan ataupun supervisi saya itu ingin cepat menyelesaikannya. Ingin cepat mempersiapkannya agar saya itu bisa mengerjakan pekerjaan yang lainnya. 

5. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini

Kita lanjut ke pertanyaan yang kelima. Pertanyaan kelima adalah apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini. Tentunya kita harus mengetahui dong perusahaan yang kita lamar. Kita itu melamar dimana, perusahaan ini berdiri di bidang apa, kemudian kapan perusahaan ini dibentuk. 

Jadi saran saya ketika kalian ke Indomaret atau Alfamart, cobalah teman-teman cari tahu tentang Indomaret ataupun di Alfamart. Banyak sih, di Google juga ada. Silahkan temen-temen pelajari dulu agar temen-temen itu nanti bisa menjawab ketika diajukan pertanyaan ini oleh tim HRD.

Yang pastinya tim HRD juga akan mempertanyakan banyak sekali berbagai macam pertanyaan. Kita tidak tahu apa saja akan ditanyakan. Jadi kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar nanti mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh tim HRD. Jangan malas-malasan untuk searching mengenai perusahaan-perusahaan yang kalian lamar.

6. Apa rencana 3 tahun kedepan

Kemudian kita lanjut ke pertanyaan yang ke enam yaitu apa rencana kamu dalam waktu tiga sampai lima tahun kedepan, atau biasanya juga menanyakan apa rencana kamu kedepannya. Di sini kalian bisa menceritakan apa sih rencana kalian itu dalam waktu lima tahun kedepan. Silakan kalian ceritakan, jangan sampai kalian itu menjawab tidak tahu pak, saya belum memiliki rencana apa-apa.

Jangan jawab seperti itu. Menurut saya jawaban yang tidak logis, yang tidak masuk akal, masa iya manusia tidak memiliki rencana kedepannya. Jangan sampai kalian tuh tidak menjawabnya. Jika kalian tidak menjawabnya, sudah pasti kalian tidak lolos di tahap ini.

Saya berikan satu contoh, seperti dalam waktu lima tahun kedepan, saya harus sudah menjadi kepala toko atau dalam waktu lima tahun kedepan Pak, saya ingin memiliki mobil. Yang saya ketahui jika sudah menjadi supervisor Pak, itu diberikan mobil oleh perusahaan. Dalam waktu lima tahun ke depan saya itu harus sudah menjadi supervisor. Tidak masalah dengan apa pun rencana kalian, namanya juga sebuah rencana. 

7. Kenapa kami harus menerima Anda

Kita lanjut ke pertanyaan yang ketujuh yaitu apa yang bisa meyakinkan kami untuk menerima Anda. Disini coba temen-temen yakinkan lagi kepada rekruter agar mereka itu menerima teman-teman. Berikanlah poin-poin yang positif kepada timah HRD agar mereka itu lebih yakin untuk mempekerjakan kalian diperusahaan tersebut.

8. Bersedia bekerja di luar kota

Pertanyaan yang ke-8, ini sudah pasti akan ditanyakan jika kalian itu interview di Indomaret ataupun di Alfamart. Pertanyaannya ialah jika harus ditugaskan di luar kota dalam beberapa waktu, apakah kamu bersedia ataupun biasanya siap ditempatkan dimana saja. 

Kalau menurut saya sih kalian sudah pasti mengetahui harus menjawab apa ya. Namanya juga kita sedang mencari pekerjaan, sedang butuh kerja, ya harusnya kita menjawab Ya. Jangan sampai kita menjawab tidak. Jika kita menjawab tidak, sudah pasti tidak diterima.

Namanya juga kita karyawan, kita harus mematuhi kebijakan perusahaan. jika memang ada tugas kita memang harus ditempatkan di luar kota, ya harus kita patuhi karena itu juga kebijakan perusahaan.

9. Gaji yang diinginkan

Pertanyaan yang kesembilan itu ialah berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan. Berapa gajian kamu mau. Saran saya jika ada pertanyaan semacam ini, kalian itu jangan sampai menyebabkan angka ya. contohnya lima  juta Pak, saya ingin gaji  7 juta Pak. 

Saya menginginkan upah ataupun gaji sesuai dengan UMK ataupun UMR yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Pak. Dengan jawaban seperti itu saja isi sudah cukup ya teman-teman agar kita itu tidak dinilai terlalu berlebihan .

10. Ada pertanyaan

Terakhir biasanya tim HRD akan bertanya, adakah pertanyaan untuk kami. Jika ditanya seperti ini kalian tuh jangan menjawab tidak. Jangan sampai seperti itu ya. Hindari mereka merasa kalau itu kalian tidak serius dalam melamar.

Masa iya sih kita itu tidak memiliki pertanyaan. Tanyalah yang tidak kamu ketahui tentang perusahaan itu. Bisa mengenai bisa mengenai jobdesc, kemudian benefit, tentang lembur kah ataupun jenjang karir.

Ya itu tadi beberapa pertanyaan dan jawaban saat interview kerja di Indomaret atau Alfamaret. Semoga artikel pertanyaan dan jawaban interview indomaret ini bermanfaat untuk membantu persiapan kalian saat proses interview kerja. 

Dapatkan 7 tips diterima kerja di Indomaret. Setelah persiapan menjawab pertanyaan apa saja yang biasanya diberikan dalam test interview Indomaret, kamu juga bisa membaca tips ini. 

Membahas tips-tips yang mungkin terlewat atau tidak kamu perhatikan ketika akan interview kerja di Indomaret. Mulai dari kedatangan, masa uji coba, hingga ke posisi yang dilamar. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca artikel tips interview di Indomaret.

Kalau kalian merasakan manfaat dari artikel cara menjawab pertanyaan interview indomaret, silahkan share ke yang lain.

cara mendapatkan pekerjaan impian