Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jawab Pertanyaan Interview: Apa Rencana Lima Tahun Kedepan

Cara Jawab Pertanyaan Interview: Apa Rencana Lima Tahun Kedepan

cara-jawab-pertanyaan-interview-wawancara-kerja
Pertanyaan wawancara kerja

Artikel ini akan membahas cara jawab pertanyaan interview:  Apa rencana kamu lima tahun kedepan?  Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendapat gambaran yang jelas apa maksud HRD dibalik pertanyaan ini, dan bagaimana Anda bisa menyusun jawaban sendiri yang tepat untuk dipakai ke depannya.

Tujuan Pertanyaan Interview

Anda pasti ingin tahu apa yang sebenarnya HRD ingin cari tahu ketika memberikan pertanyaan interview ini. Berikut ini adalah tujuan dari pertanyaan interview : Apa rencana lima tahun kedepan ?

1. Motivasi 

Hal pertama yang HR ingin tahu adalah motivasi seseorang yang bisa merencanakan hidupnya lima tahun kedepan. Dimata HRD akan tercipta seperti orang yang sudah punya tujuan yang jelas tentang hidupnya.

Jadi, pertanyaan ini kalau Anda bisa jawab dengan baik akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang punya tujuan dan enggak mengalir aja hidupnya.

2. Kehandalan

Hal kedua yang HRD ingin tahu adalah seberapa bisa Anda diandalkan. Bayangkan kalau seandainya menentukan tujuan hidup Anda sendiri saja enggak bisa, apalagi kalau Anda diminta merencanakan tujuan dari satu project atau satu pekerjaan di perusahaan.

3. Kesempatan Menjual Diri

Hal ketiga adalah HRD mau memberi Anda kesempatan untuk menjual diri. Ibaratnya, coba buat saya terkesan dong dengan rencana hidup Anda. 

Oke, terus Anda sendiri jawab apa? Karena bagi seorang orang HRD, saya selalu membayangkan ujungnya dulu. Artinya enggak hanya lima tahun, tapi nanti mungkin lima tahun sebelum pensiun. Artinya di usia mungkin 50-an saya mau jadi apa. 

Nah di kepala saya, ingin menjadi seorang direktur yang berhasil. Jadi artinya dimanapun saya berada, pada saat pertanyaan itu ditanyakan, saya bisa menjawab dengan benang merah yang jelas. Bahwa apapun yang saya lakukan, kedepan akan mengarah ke sana, ke rencana jangka panjang.

Contoh Jawaban Pertanyaan Interview

Jadi misalkan pada saat HR tanya, saya adalah seorang fresh graduate. Iya, saya simply menjawab lima tahun lagi saya ingin menjadi HR Manager. Tentu saja jawaban saya nggak berhenti di sana. 

Saya harus menjelaskan langkah-langkah apa yang saya mau ambil dalam menempuh perjalanan menjadi HR Manager. Jadi saya juga menceritakan skill apa yang  mau dipelajari, lalu fungsi-fungsi apa dari Departemen HR yang saya mau masuki pada saat itu. 

Karena sekali enggak punya pengalaman HR, jadi saya cerita dalam waktu lima tahun saya mau mendalami rekrutmen dan learning development. Jadi rekrutmen dan bagian training itu yang akan didalami. Mudah-mudahan setelah lima tahun bekerja, saya sudah punya pengalaman yang cukup untuk dipromosi sebagai manajer.

Kira-kira seperti itu jawaban saya. Jadi poinnya, sebenarnya enggak ada seorangpun yang tahu lima tahun lagi dunia ini akan jadi apa. Apakah karir saya masih akan berlanjut? Apakah perusahaan tempat saya interview ini masih akan ada lima tahun lagi? Apakah ekonomi akan bagus lima tahun lagi? Semuanya nggak ada yang tahu.

Maka dari itu, HR juga sebenarnya ketika memberikan pertanyaan ini enggak mengharapkan jawaban yang 100% benar. Karena enggak ada satupun dari kita yang bisa memprediksi masa depan. Yang perlu temen-temen lakukan adalah memberikan gambaran besar aja.

Kembali lagi ke contoh. Saya tadi mau jadi HR Director di usia 50. Apakah saya 100% yakin bahwa tujuan itu akan tercapai? Terus terang enggak. Tapi apakah di depan mata HR saya bisa menunjukkan ketidakyakinan itu? 

Cara Jawab Apa Rencana Lima Tahun Kedepan

Cara jawab pertanyaan interview apa rencana lima tahun kedepan adalah permainan. Citra. Bagaimana kita mencitrakan persona yang confident. Mencitrakan persona yang smart, yang tak bertanggung jawab, yang bisa berpikir cepat, yang bisa mengambil keputusan dengan cepat. 

Jadi kita enggak mau memperlihatkan sisi ketidakyakinan itu. Kita hanya perlu menceritakan rencana kita. Hanya perlu menceritakan mimpi dan Jajan konkrit yang kita mau tempuh untuk menuju ke sana. Tentu jalannya teman-teman harus buat masuk akal.

Ketika tadi saya bilang mau jadi HR director, maka jalan yang mau ditempuh adalah mempelajari fungsi-fungsi yang berbeda dari Departemen HR. Saya nggak mungkin bilang, oke saya mau resign setelah tahun ketiga. Lalu saya mau coba-coba bikin album. Itu bukan jawaban yang baik.

Teman-teman harus konsisten. Interview akan berlangsung kurang lebih 45 menit sampai satu jam Sepanjang interview itu mungkin ada kesempatan beberapa kali teman-teman untuk menceritakan masa depan teman-teman, atau kegiatan yang sekarang sedang dilakukan.

Kembali lagi ke contoh saya. Kalau saya bercerita bahwa saya suka dengan dunia HR. Saya ingin menjadi HR Director. Tapi saya nggak konsisten dalam menceritakan kegiatan-kegiatan profesional. Tiba-tiba cerita ingin buka usaha. Tiba-tiba cerita saya ingin masuk ke dunia tarik suara. Maka gambar atau citra kita, yang kita coba lukiskan kecer, ngga nyambung. 

Jadi, sebelum melangkah masuk ke ruang interview, pastikan Anda punya citra diri yang konsisten dan punya cerita-cerita yang jelas untuk mendukung citra tersebut. 

Sekarang giliran Anda. Bagaimana cara jawab pertanyaan interview : Apa rencana lima tahun kedepan? Silahkan tulis jawaban di kolom komentar.

Baca cara jawab pertanyaan interview atau pertanyaan wawancara lainnya di website edubisnis.my.id.