Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Punya Pengalaman Organisasi dalam Mencari Kerja

Pentingnya Punya Pengalaman Organisasi dalam Mencari Kerja

pentingnya pengalaman organisasi dalam mencari kerja
Manfaat pengalaman organisasi di kampus

Apa sih manfaat punya pengalaman organisasi dalam mencari kerja? Banyak lowongan pekerjaan yang mencantumkan atau lebih menyukai mereka yang punya pengalaman kerja.

Lalu bagaimana dengan fresh graduate, mahasiswa yang baru lulus kuliah yang belum punya pengalaman kerja.

Dapatkan tips untuk mengatasinya di artikel ini.

Manfaat Pengalaman Organisasi

Mayoritas perusahaan mencantumkan pengalaman kerja dalam lowongan kerjanya tentu punya tujuan atau alasan.

Salah satunya adalah untuk mempermudah proses adaptasi dengan dunia kerja yang mempunyai kemiripan dengan organisasi.

Ya, perusahaan itu mirip seperti organisasi. Hanya berbeda ukurannya, perusahaan lebih besar ukurannya, dan lebih banyak anggota atau karyawannya.

Berikut ini alasan Anda pentingnya punya pengalaman organisasi dalam mencari kerja bagi fresh graduate. Karena dengan mengikuti organisasi, maka Anda akan memiliki pengalaman yang bisa menarik perhatian HRD atau rekruter.


1. Manajemen Proyek (Project Management)

Pengalaman dalam melaksanakan acara atau program di organisasi bisa menjadi nilai plus di mata rektuter.

Hal ini akan mengasah kemampuan manajemen yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Tulis atau jelaskan pengalaman proyek apa saja yang pernah dilakukan. Jabatan yang diemban dan hal-hal penting yang dilakukan.

Tulis kesuksesan yang pernah diraih. Dan kalau pun ada kegagalan, tulis juga apa yang bisa Anda pelajari dari hal tersebut. Semakin banyak proyek yang pernah dilakukan, tentu HRD atau rektuter akan memberikan nilai plus yang menilai Anda lebih siap untuk masuk dalam dunia kerja.

2. Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting, baik keuangan pribadi maupun perusahaan. 

Dengan mengikuti organisasi, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman dalam mengelola keuangan. Hal ini bisa membuat Anda lebih jeli dan juga meningkatkan kepercayaan.

Keterampilan mengelola keuangan bukan hanya perlu dimiliki oleh orang akuntan atau keuangan, namun juga bagian lain di perusahaan. Semuanya harus sadar uang karena target dari perusahaan salah satunya adalah mendapatkan keuntungan supaya perusahaan bisa terus beroperasi dan memberi gaji untuk karyawannya.

3. Komunikasi Efektif

Pengalaman organisasi di kampus akan mengasah skill komunikasi Anda yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Pengalaman organisasi ini akan meningkatkan kemampuan interpersonal Anda.

Melalui keterampilan interpersonal, Anda bisa menjaga keharmonisan di lingkungan kerja. Dengan memiliki keterampilan ini, maka Anda bisa lihai dalam menyampaikan ketidak setujuan pendapat yang bisa diterima oleh rekan kerja. Dan mereka tidak merasa sakit hati atau tersinggung.

Keterampilan komunikasi ini juga akan sangat bermanfaat dalam memecahkan masalah. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, maka pesan yang disampaikan akan diterima dengan baik.

Bagi yang masih asyik belajar saja, yuk dapatkan pengalaman organisasi di kampus.

4. Tim Work (kerja tim)

Bekerja di sebuah perusahaan tentu akan berinteraksi dengan banyak orang baik di tim yang sama, maupun dengan bidang atau departemen yang lain. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk bisa bekerja dalam tim.

Dengan memiliki pengalaman organisasi di kampus, tentu ini akan sangat bermanfaat dan memberikan nilai lebih di mata rekruter. Ini bisa menjadi pertimbangan positif ketika Anda belum memiliki pengalaman kerja atau magang.

5. Creative Thingking (Berpikir Kreatif)

Kemampuan lain yang bisa Anda dapatkan ketika aktif berorganisasi adalah meningkatkan skill creative thingking.

Ini akan sangat bermanfaat dalam memecahkan masalah maupun menghadapi tantangan yang nantinya pasti dihadapi dalam dunia kerja.

Dan perlu diingat bahwa kemampuan itu bukan hanya sebatas tahu, namun paham dan bisa. Dan untuk mendapatkan kemampuan-kemampuan di atas, hanya bisa didapatkan melalui pengalaman berulang. Pengalaman organisasi di kampus merupakan salah satu tempat atau sarananya.

Dengan memiliki pengalaman organisasi, ini akan mempermudah Anda dalam menjawab pertanyaan interview organisasi. 

Pertanyaan interview tentang pengalaman organisasi yang biasanya muncul di setiap wawancara kerja.

Mudah-mudahan ini bisa menambah motivasi Anda bukan hanya untuk belajar saja, namun juga mulai untuk aktif mengikuti organisasi di kampus.

Baca juga artikel 5 tips mencari lowongan kerja untuk fresh graduate untuk menambah peluang Anda mendapatkan pekerjaan. 

Atau bagi Anda yang mau magang, baca artikel 4 pertanyaan interview magang yang pasti ditanyakan ini.

Dan kalau sudah mendapat surat panggilan untuk interview, itu artinya Anda perlu membaca artikel 

10 pertanyaan interview dan jawabannya.