Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bocoran 10 Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Lulus Wawancara Kerja

pertanyaan-interview-dan-jawabannya
Interview kerja dan jawabannya

10 Pertanyaan Interview dan Jawabannya - Wawancara Kerja

Di artikel ini akan dibahas 10 pertanyaan interview dan jawabannya yang selalu keluar saat wawancara kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang baru pertama kali melamar atau akan melakukan interview kerja. 

Sangat penting untuk melakukan persiapan supaya Anda terlihat lebih profesional dan layak untuk diterima oleh perusahaan.

Berikut ini kita bahas satu persatu pertanyaan interview kerja dan jawabannya. Perlu diingat, jawabannya ini bukan default. Anda bisa kembangkan jawaban interview sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga tempat perusahaan yang Anda lamar.

Setiap perusahaan memiliiki budaya kerja yang berbeda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengenal perusahaan, mulai dari visi, misi, budaya kerja, dan lain-lain.

Anda bisa menjadikan jawaban di bawah ini sebagai gambaran untuk menjawab pertanyaan interview kerja yang akan anda hadapi.

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

1. Silahkan perkenalkan diri Anda

Kita masuk ke pertanyaan satu, pasti sering dengar : Silahkan perkenalkan diri Anda. Untuk memudahkan menjawab pertanyaan interview kerja ini, berikut tips yang bisa Anda gunakan :

Tips menjawab

a. Analogikan seperti jualan

Interview kerja ini teman-teman dianalogikan kalau Anda sedang jualan produk. Anda sebagai penjualnya sekaligus Anda juga produknya dan HRD adalah customer atau pembeli. Bayangkan kalau penjual  tidak bisa menerangkan produk dan meyakinkan membelinya, kira-kira akan beli tidak? 

Ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk menunjukkan siapa Anda dengan segala kelebihannya. Jadi pastikan Anda jelaskan bahwa Anda adalah kandidat yang sangat sesuai dengan kriteria yang HRD inginkan seperti keahlian ataupun pengalaman yang Anda miliki. 

b. Pahami diri sendiri

Yang kedua, pastikan Anda memahami diri Anda juga. Apa bedanya Anda dengan kandidat yang lain? Mungkin etika Anda saat interview atau penggunaan bahasa Anda yang sopan. Anda juga mungkin terlihat antusias, smiling voice dan rendah hati. 

Cara menjawab interview silahkan perkenalkan diri Anda

Cara memperkenalkan diri saat interview yaitu dengan tiga format :
1. Sebutkan identitas Anda
2. Sebutkan pengalaman produktif Anda. Tidak harus pengalaman organisasi atau pengalaman kerja kalau Anda belum punya pengalaman dan terakhir 
3. Kalimat penegas 

2. Sebutkan kelebihan dan kelemahan Anda

Kita masuk ke pertanyaan yang kedua yaitu sebutkan kelebihan dan kelemahan Anda. Pasti pertanyaan ini juga selalu Anda dapatkan dalam interview kerja. Pastikan Anda menjawab pertanyaan intertiew ini dengan kelebihan yang mendukung posisi yang Anda lamar. Dan kalau bisa, berikan buktinya agar HRD yakin. 

Begitu juga kelemahan, hindari yang merugikan perusahaan atau yang justru menjadi penghambat kerjaan Anda nantinya. Contoh daftar teller atau customer service tapi kelemahannya pemalu dan pendiam. Kalau pendiam, bagaimana melayani customer? 

Contohnya analogi penjual tadi, mana ada pembeli yang mau membeli barang yang banyak masalahnya. Contoh Anda kalau mau beli HP, pasti Anda juga tidak mau kan beli HP yang banyak minusnya. 

Inginnya yang sempurna dan tentu tidak mau juga yang sampai merugikan. Begitu juga HRD dalam merekrut karyawan baru pasti ingin yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Apa motivasi kerja Anda

Kita ke pertanyaan interview kerja yang ketiga :  Apa motivasi kerja Anda. Cara jawab pertanyaan interview ini yang selalu salah. Kebanyakan kadidat kadang ada yang jawab cari pengalaman baru, cari suasana baru, mempelajari hal baru, atau mencari tantangan baru. 

Padahal jawaban ini sangat membunuh Anda. 

Niat hati mungkin dengan cara itu, Anda akan dikenal HRD sebagai orang yang suka tantangan. Namun kalau dijawab HRD dengan pertanyaan: "Oh cari pengalaman baru. Nanti kalau sudah diterima diperusahaan kami, lantas bosan bagaimana? Apakah nanti cari pengalaman baru juga?" Kalau sudah begini, mau dijawab apa?

Jadi pastikan Anda Jujur dengan jawaban interview ini. Boleh juga kok Anda jawab karena uang. Hanya pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan supaya Anda tidak dicap sebagai pekerja yang money oriented.

4. Rencana 5 tahun kedepan

Pertanyaan interview dan jawabannya yang ke empat adalah apa rencana Anda lima tahun kedepan. Dalam menjawab pertanyaan interview kerja ini, pastikan Anda memiliki rencana besar untuk kesuksesan karir di perusahaan tersebut, intinya itu memajukan perusahaan tersebut. 

Hindari jawaban interview tentang keinginan Anda untuk resign atau menceritakan keuntungan pribadi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. 

Contoh : ingin buat usaha, ingin bangun rumah, ingin menikah atau sejenisnya. Jawab pertanyaan saat interview yang ada kaitannya dengan keuntungan perusahaan.

Contoh jawaban interview kerja rencana 5 tahun kedepan adalah : 

Saya ingin sekali meningkatkan keahlian bahasa Inggris karena saya tidak pernah tahu siapa pelanggan yang akan saya layani kedepannya. Sehingga peningkatan skill dalam berbahasa menjadi prioritas utama bagi seorang customer service. 

5. Kenapa kami harus menerima Anda

Pertanyaan interview kerja yang kelima adalah kenapa kami harus menerima Anda. Pasti pertanyaan ini juga sering ditanyakan saat interview pekerjaan. Cara menjawab interview ini adalah pastikan dijawab berdasarkan kecocokan Anda dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan. 

Cocokkan kelebihan diri Anda dengan posisi yang Anda lamar. Cocokkan Anda dengan visi misi perusahaan-perusahaan.

Contoh jawaban interview kerja kenapa kami harus menerima Anda 

Kenapa perusahaan harus memilih saya yang pertama adalah tentunya kecocokan keahlian dan kebutuhan yang perusahaan cari. Posisi customer service adalah posisi yang mewakili jiwa atau diri saya yang bergerak dalam bidang pelayanan. 

Dari kecil saya sudah terbiasa dan terlatih untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan saat membantu orang tua saya sebagai penjual gorengan.

Berbekal keahlian pelayanan prima, komunikasi yang baik, mudah beradaptasi, bahkan saya aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang akan sangat bermanfaat untuk posisi yang akan saya tempati.

Akhir-akhir ini saya juga sering sekali menyuarakan kepedulian terhadap sesama untuk mencari donasi bagi korban bencana di Indonesia dan juga di luar negeri. Selain itu, kelebihan dalam hal pengadministrasian file dengan menggunakan MS Office di tingkat mahir. Saya yakin hal0hal tadi menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan kenapa harus menerima saya. alasan 

Contoh jawaban interview kerja:

Kenapa perusahaan harus memilih saya adalah kecocokan visi dan budaya perusahaan. Saya melihat profil perusahaan bapak di website yang memiliki visi menjadi perusahaan terdepan dalam bidang jasa dan pelayanan. 

Saya meyakini ketika bergabung dan bisa berkontribusi di perusahaan yang satu visi atau satu tujuan, maka kekuatan akan bertambah besar seperti efek bola salju. 

Saya yakin saat karyawan yang memiliki tujuan yang sejalan dengan perusahaan, maka perusahaan tersebut mampu meraih tujuan yang diinginkan. 

Contoh jawaban interview kerja:

Kenapa perusahaan harus menerima saya karena saya pelanggan perusahaan Bapaksehingga saya memahami fitur-fitur produk Bapak. Seperti fitur jasaantar barang, jasa ojek online, jasa message, dan tentunya ini memudahkan HRD nantinya tidak perlu training saya dengan lama karena sudah memahami produk-produk yang dijual.

Itu beberapa contoh cara menjawab pertanyaan interview kenapa kami harus menerima anda. Silahkan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

6. Kenapa Anda melamar di perusahaan kami

Untuk pertanyaan keenam kenapa Anda melamar di perusahaan kami. Ini juga pertanyaan saat interview yang sering ditanyakan. Kita akan bahas pertanyaan ini untuk memudahkan Anda memahami maksud dari pertanyaan ini.

Cara menjawab interview ini hampir sama dengan pertanyaan kenapa kami harus menerima Anda. Tunjukkan antusias Anda dengan posisi di perusahaan yang Anda lamar. Cari informasi seperti profil perusahaan dan juga hal-hal lainnya yang terkait. 

Contoh jawaban interview kerja kenapa Anda melamar di perusahaan kami adalah jawab dengan mencari kecocokan Anda dengan posisi atau jabatan yang Anda lamar. Cocokkan kelebihan Anda dengan posisi yang dilamar. Cocokkan Anda dengan visi misi perusahaan. 

Dan lebih bagus lagi kalau Anda pernah menjadi pelanggan atau pernah merasakan produk maupun jasa dari perusahaan tersebut.

Contoh jawaban interview kerja:

Kenapa saya melamar di perusahaan bapak, yang pertama tentunya karena keahlian yang saya miliki memiliki kecocokan yang dicari perusahaan dimana di dalam iklan lowongan  kerja tersebut dirsyaratkan memiliki jiwa pelayanan yang tinggi, komunikasi yang baik, dan syarat lainnya. 

Hal-hal tadi sudah saya miliki, dan ini dibuktikan sedari kecil saya terbiasa dan terlatih dalam melayani pelanggan orangtua saya sebagai penjual gorengan. Ditambah saya aktif di kegiatan sosial yang melatih jiwa empati, dan senang menolong orang lain.

7. Kontribusi apa yang ingin Anda berikan

Pertanyaan interview selanjutnya adalah kontribusi apa yang ingin Anda berikan kepada kami (perusahaan) jika diterima. Maksud dari pertanyaan ini sebenarnya ingin melihat seberapa besar Anda akan memberikan inovasi terbaru kepada perusahaan. 

Coba review selama ini kinerja perusahaan dari sudut pandang Anda baik customer atau pelanggan. Jadi Anda harus memahami produk perusahaan yang Anda lamar.

Tapi sayangnya kebanyakan kandidat menjawab pertanyaan saat interview tentang kontribusi yang akan diberikan dengan jawaban yang klise "Saya akan berkontribusi yang terbaik". Jawaban ini sangat umum dan terkesan tidak ada usaha atau minat untuk mempelajari perusahaan. Pastikan jawaban Anda spesifik.

Contoh jawaban interview kerja:

Apa yang ingin Anda berikan kepada kami jika diterima? Tentunya saya akan koordinasi terlebih dahulu dengan atasan saya apa yang menjadi prioritas perbaikan dan pengembangan dari perusahaan yang sudah ditetapkan. Namun jika ditanya saat ini, maka saya akan menyampaikan bahwa sudah sangat baik menurut saya. 

Namun dalam kaitan dunia pelayanan, saya memiliki ide untuk membagi pelanggan kedalam beberapa kelompok atau level. Tujuannya untuk memilah pelanggan berdasarkan produk yang paling sering digunakan dan juga untuk memilah antara pelanggan loyal dengan pelanggan biasa.

8. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami

Pertanyaan interview yang kedelapan adalah : Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? Tujuan pertanyaan ini mirip seperti pertanyaan sebelumnya yaitu untuk melihat seberapa antusias atau seserius apa Anda melamar di perusahaan tersebut. 

Ibarat Anda akan meminang seseorang, Anda pasti akan mempelajari banyak hal tentang orang tersebut. Jika Anda tidak mengetahui atau mengenal perusahaan, maka dipersepsikan oleh HRD Anda tidak serius bekerja diperusahaan tersebut. 

Contoh jawaban interview kerja:

Terima kasih pak atas pertanyaannya yang menarik ini. Saya mengetahui bahwa perusahaan Bapak adalah start up yang berdiri tahun 2017. Memiliki perkembangan yang baik dengan jumlah karyawan awal 20 orang berkembang menjadi puluhan ribu yang tersebar di seluruh kantor di Indonesia.

Perusahaan bapak bergerak di bidang jasa yang memberikan solusi untuk permasalahan di Indonesia. Saya yakin dengan visi yang mulia san dengan disupport oleh karyawan unggul akan membawa perusahaan ini berkembang lebih pesar.

Perusahaan bapak menjadi perusahaan terbesar ketiga karena berhasil mempermudah pelayanan dalam satu aplikasi. Saya merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi terkait bidang pelayanan. Dan seterusnya sesuai dengan informasi yang Anda dapatkan dari berbagai sumber. 

9. Berapa gaji yang Anda inginkan

Pertanyaan interview selanjutnya adalah : Berapa gaji yang Anda inginkan? Pertanyaan ini sebenarnya ingin melihat seberapa besar tawaran yang Anda berikan. Cocok tidak dengan budget atau keuangan perusahaan. 

Pertanyaan interview tentang gaji ini juga ingin melihat apakah Anda money oriented atau orientasinya hanya gaji atau bukan. 

Karena perusahaan berharap menemukan pelamar atau karyawan yang loyal, jadi pastikan dalam menjawab pertanyaan ini jangan terlihat money oriented atau malah sebaliknya yaitu terlihat tidak menghargai diri Anda sendiri seperti : "Terserah perusahaan mau menggaji saya berapa, yang penging saya kerja"

Contoh jawaban interview kerja tentang gaji:

Sebenarnya masalah gaji sangat fleksibel Pak, karena saya percaya dengan memberikan kontribusi terbaik gaji akan mengikuti. Namun jika ditanya besarnya nominal, saya mengajukan kisaran angka 4-5 juta hasil dari menghitung biaya hidup di Bandung. Namun ini bersifat negosiable atau bisa dinego sesuai kondisi perusahaan.

10. Apakah ada pertanyaan

Pertanyaan interview terakhir terakhir adalah Apakahada pertanyaan untuk kami? Mungkin Anda bingung dengan pertanyaan ini karena sebelumnya Anda yang ditanya tapi sekarang Anda yang diminta untuk bertanya.

Dalam menghadapi pertanyaan interview ini, Anda jangan bilang langsung cukup ya. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut. Hal ini juga bisa sebagai jalan bagi Anda untuk menentukan apakah perusahaan ini cocok dengan Anda atau tidak. 

Karena proses interview kerja adalah proses mencari kecocokan antara pelamar dengan perusahaan.

Dengan memberikan pertanyaan kepada HRD, ini juga akan memberikan kesan positif kepada HRD bahwa Anda antusias dan berminat bekerja di perusahaan tersebut. 

Berikut ini contoh jawaban pertanyaan interview ini:
Apakah boleh tahu pak detail pekerjaannya nanti jika saya diterima?
Jika saya diterima, tahapan apa yang akan saya jalani?

Itu tadi 10 pertanyaan interview dan jawabannya. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan persiapan Anda dalam menghadapi proses interview kerja sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Perbanyak latihan untuk menjawab pertanyaan interview sampai Anda lancar menjawabnya. Sesuaikan juga dengan kondisi Anda dan kondisi perusahaan tempat Anda melamar.

Baca juga artikel cara menjawab pertanyaan interview lainnya :