Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jawab Pertanyaan Interview : Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Anda

cara menjawab kelebihan dan kelemahan Anda

Cara Jawab Pertanyaan Interview : Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Anda

Di artikel ini saya mau kasih bocoran cara jawab pertanyaan interview kerja : Sebutkan kelemahan dan kelebihan Anda. Artikel ini merupakan bagian dari artikel utama tentang cara menjawab pertanyaan wawancara kerja.

Sekarang kita akan bahas tentang pertanyaan interview yang cukup sering keluar bahkan pertanyaan wajib ini bisa dibilang ada setiap kali kita melakukan wawancara. "Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda?"

Bagaimana menjawab kelebihan dan kekurangan

Cara menjawab pertanyaan interview tentang kekurangan dan kelebihan Anda. Yang perlu diingat ketika menjawab pertanyaan ini adalah pastikan kelebihan dan kekurangan yang disebutkan adalah kelebihan dan kekurangan yang ada hubungannya dengan pekerjaan profesional teman-teman, tentang team work atau tentang cara bekerja dengan orang lain. 

Jadi kita tidak mau bilang bahwa kita pandai bernyanyi atau kita jago berlari kalau kita sedang melamar kerja sebagai staff admin, itu tidak adal hubungannya dengan kualitas pekerjaan teman-teman. Tapi teman-teman bisa bilang misalkan teman-teman adalah orang yang teliti. Atau teman-teman adalah orang yang emosional kalau ditanya kekurangan.

Cara menjawab apa kelebihan Anda

Kita masuk cara menjawab kelebihan dulu. Misalkan kita mau cerita bahwa kita orang yang teliti. Kita sudah menyebutkan kelebihan kita adalah teliti, langsung temen-temen follow-up dengan contoh. Misalnya berkat dari ketelitian saya saya selalu ditunjuk menjadi bendahara di setiap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. 

Teman-teman bisa pertajam contoh tadi dengan menyebutkan angka atau sesuatu yang bisa diukur. Dalam hal bendahara teman-teman bisa menceritakan berapa jumlah dana yang teman-teman kelola setiap event. Dan mungkin berapa kali dalam setahun event tersebut dilaksanakan. 

Jadi ketika teman-teman menceritakan contohnya, HRD pun bisa ikut membayangkan berapa sebenarnya besar tanggung jawab yang temen-temen ambil dan bisa ikut mengaminkan bahwa teman-teman ini adalah orang yang teliti sesuai dengan klaim teman-teman.

Cara menjawab apa kekurangan Anda

Kita sudah bahas cara menceritakan kelebihan, kalau cara menjawab apa kekurangan Anda bagaimana? Satu hal yang teman-teman perlu ingat soal kekurangan, teman-teman jangan melakukan humblebragging. 

Humblebragging adalah ketika seseorang berpura-pura menceritakan kelemahannya tapi justru di akhir ceritanya, kelemahan tersebut ternyata adalah kelebihan bagi situasi yang terjadi. Contoh: saya orangnya emosional, tapi karena saya emosional justru saya dapat mengarahkan teman-teman saya dengan lebih baik, saya jadi punya wibawa yang lebih tinggi, dan saya lebih didengar karena saya emosional. Ini jawaban yang salah. 

Kalau kekurangan temen-temen adalah memang emosional, akui saja bahwa memang kekurangan ini adalah kekurangan yang merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekeliling. 

Seperti cerita tentang kelebihan, kita bercerita juga tentang kekurangan dan contoh-contohnya. Jadi ketika tadi teman-teman emosional, ceritakan kapan terakhir kali temen-temen marah? Apa yang teman-teman lakukan ketika marah? Siapa saja pihak yang disakiti oleh malah teman-teman? 

Sama dengan halnya cerita kelebihan tadi, dalam cerita kekurangan ini kita pun mengajak recruiter melihat seberapa fatal dampak yang disebabkan oleh kekurangan saya. Setelah itu, bagian penutupnya temen-temen harus menceritakan apa corrective action atau langkah-langkah perbaikan yang teman-teman sudah lakukan untuk memperbaiki situasi tadi. 

Pakai contoh saya orangnya emosional tadi. Misalkan teman-teman bisa bercerita saya sudah meminta maaf kepada pihak-pihak yang saya sakiti. Saya sudah belajar bahwa emosi saya tidak membawa tim saya kemana-mana. Dan saya sudah memberikan kesempatan untuk teman-teman saya mendenda saya. Misalkan ketika saya marah lagi di meeting, maka saya harus menyumbang Rp5.000 kedalam kotak amarah yang kita buat bersama-sama. 

Tujuan pertanyaan interview

Jadi ketika HRD bertanya hal ini, sebenernya mereka ingin tahu seberapa jauh teman-teman mengenal diri sendiri. Seberapa jauh teman-teman mampu melihat apa kelebihan dan apa kekurangan teman-teman, dan bagaimana kita memaksimalkan dua hal tersebut untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

Bukan berarti ketika kita cerita soal kelebihan kita, kita sombong. Dan sebaliknya kalau kita cerita tentang kekurangan kita, kita lemah. Ini bukan soal siapa lebih hebat atau siapa lebih lemah. Tapi siapa yang paling jujur mengenal dirinya sendiri, dan mau memperbaiki kekurangan serta menonjolkan kelebihan yang dimilikinya.

Itu tadi bocoran pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan Anda. Silahkan lihat juga juga bocoran-bocoran pertanyaan interview yang lain di edubisnis.my.id.