Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cari Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate

5-tips-persiapan-cari-lowongan-kerja
Persiapan cari lowongan kerja

5 Tips Cari Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate

Artikel tentang pekerjaan ini akan membahas  5 tips cari lowongan kerja untuk fresh graduate. Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan pertama supaya lebih mudah. Bagi yang punya pengalaman melamar di berbagai perusahaan, tentu hal ini sudah tidak asing.

Namun, bagi yang mencari lowongan kerja fresh graduate, atau baru pertama dalam melamar kerja, tentu hal ini bisa menjadi berat. Yuk kita bahas apa saja persiapan yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah mencari lowongan kerja.

Persiapan cari lowongan kerja

Hari ini kita akan bahas 5 tips cari lowongan kerja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pekerjaan pertama. 

1. Rajin internship/ magang

Ttips yang pertama adalah rajin internship atau magang sewaktu kuliah. Kenapa magang kerja penting? Karena internship atau magang bisa membantu teman-teman mendapatkan gambaran seperti apa sih kira-kira suasana bekerja sebenarnya. 

Tentang tata cara bicara kalau di kantor. Tata cara mengirim email. Tata cara mengikuti meeting dan berpakaian kalau di kantor. Etika tepat waktu dan bagaimana dunia kantor sebenarnya. 

Ini sesuatu yang teman-teman tidak mungkin bisa dapatkan di kampus. Karena meskipun teman-teman punya kewajiban, punya struktur di kampus, tetap saja suasana ngantor, suasana kerja akan berbeda. Jadi sebisa mungkin meskipun kampus tidak mewajibkan, sebaiknya teman-teman mencari kesempatan untuk magang.

Keuntungannya ya ini plus-minus ya sebenarnya. Waktu magang ini bisa dibilang selama pandemi susah cari program magang. Tapi bisa juga dibilang mudah karena magang sekarang bisa dilakukan secara online dan teman-teman gak perlu Anda secara fisik di kota-kota besar misalkan jakarta, surabaya untuk bisa mendapat kesempatan magang di perusahaan besar. Makin banyak perusahaan yang membuka kesempatan untuk magang online, jadi cari kesempatannya. 

Cerita yang sering saya bagikan ketika ditanya soal pengalaman magang adalah waktu saya kuliah dan magang di sebuah konsultan training. Disitu saya mulai punya ketertarikan awal tentang dunia HRD, tentang dunia training. 

Bagaimana sih operasionalnya? Bagaimana teknisnya kita menyelenggarakan training mulai dari perencanaan membuat modul training. Kemudian mengirim undangan ke peserta training dan Absensi. Memastikan teknik trainingnya berjalan lancar sampai akhirnya dapat evaluasi dan feedback dari peserta trainingnya.

Ini jadi sesuatu yang membuat saya punya bayangan kira-kira nanti kalau sudah bekerja menjadi HRD, pekerjaannya akan seperti ini. Dan disitu merasa senang ketika training yang saya organize, training yang saya berikan memberikan dampak positif. 

Saya sendiri juga dulu pernah internship di advertising agency. dibilangan Pengalaman itu sangat berkesan karena ya pertama kali masuk kedalam lingkungan kantor. Sebelumnya kita bergaul ke sesama anak-anak kuliahan yang seumuran. Ini pertama kali masuk ke dunia kantor kerja dengan orang-orang yang profesional. Belajar untuk datang tepat waktu.Bagaimana kita mengirim email ataupun cara berbicara dengan klien yang bisa merepresentasikan perusahaan dengan baik.

Jadi kenal seluk-beluk dunia agency. Jadi lebih mengerti advertising agency itu cara kerjanya bagaimana. Sebelumnya mungkin kita baru tahu dari buku, dari case study. Tapi waktu kita ikut internship jadi benar-benar langsung dapat pengalaman nyatanya. Apa suka dukanya, bagaimana serunya gimana.

Akhirnya pengalaman ini juga jadi pengalaman yang sangat berharga waktu saya masuk ke dunia kerja. 

2. Rajin ikut organisasi

Tips persiapan cari lowongan kerja untuk pemula selanjutnya adalah rajin ikut organisasi, dimulai dari saat kuliah. Selama kuliah itu yang penting bukan hanya mendapatkan IPK yang paling tinggi. Tapi juga bagaimana caranya kita belajar tentang networking, belajar tim working.    

Jadi kalau kita masuk ke satu organisasi itu kita bisa mendapatkan pengalaman berharga. Bagaimana caranya bekerja sama dengan orang lain. Paham dinamikanya satu organisasi itu bagaimana. Belajar untuk menyampaikan pendapat di dalam satu forum. 

Dan kalau bisa jadi ketua atau pengurus, kita belajar caranya memimpin teman-teman yang lain. Itu suatu pengalaman yang sangat berharga dan jangan sampai dilewatkan. Dan biasanya ketika interview pertama pun, yang ditanya bukan hanya Anda belajar apa aja, atau IPK Anda berapa. Pasti akan ditanya juga ada pengalaman organisasi, dan pasti itu menjadi salah satu pertimbangan juga untuk kantor atau perusahaan untuk meng-hire Anda.

3. Rajin ikut karir expo/ job fair/ bursa kerja

Tips cari lowongan kerja yang ketiga adalah rajinlah ikut karir Expo. Di masa pandemi seperti ini mungkin karena Expo bentuknya tidak fisik lagi seperti dulu, tapi tetap bisa ikut Expo secara virtual. Informasinya banyak, temen-teman bisa temukan di instagram, di website-website perusahaan, dan banyak tempat lainnya.

Keuntungannya teman-teman ikut karir expo adalah kesempatan untuk bertemu langsung dengan perusahaan. Lebih tepatnya bertemu dengan orangnya langsung, karena banyak dari job fair atau bursa kerja ini ada HR presentatif yang menunggu boothnya. Dulu fisik sekarang boothnya virtual, dan teman-teman bisa chatting dengan orang tersebut. 

Kenapa penting untuk punya kenalan? Anda tahu kan yang namanya power of orang dalam. Untuk teman-teman yang tidak punya orang, dalam karir expoini bisa jadi salah satu tempat untuk establish connection dengan orang-orang dalam. Bukan untuk minta-minta, tapi lebih kepada  establish connection. Jadi temennya, beri tahu kualifikasi teman-teman, jual diri secara pantas supaya Hopefully meninggalkan kesan yang baik untuk recruiter bisa mengontak di kemudian hari.

4. Asah skill

Tips yang keempat untuk dan pekerjaan pertama adalah terus mengasah skill dan tingkat percaya diri. Interview itu sedikit banyak seperti Anda perform diatas panggung, nyanyi, pidato. Interview bagi saya sebenarnya mirip seperti itu. Jadi semakin sering Anda latihan, semakin sering ada sparing partner untuk interview, baik itu partner asli atau Anda latihan di cermin. 

Latihan ini bagus untuk Anda karena akan semakin percaya diri dan semakin tahu apa yang harus dibicarakan di depan interviewer. Jadi tidak perlu pilih-pilih ketika mencari kerja, apalagi pekerjaan pertama Anda. Kesempatan untuk interview dimanapun perusahaannya. Mau besar atau kecil, datang dulu saja. Karena sekecil apapun perusahaannya, paling tidak di sana teman-teman bisa mendapat kesempatan latihan interview dan network baru. 

Dapat teman baru yang mungkin bisa mengenalkan temen-temen ke kesempatan lain, atau mungkin 3,4 tahun nanti bisa reconnect. Dan mana tahu ada pekerjaan baru lagi dari orang yang sama itu. Jadi jangan pernah meremehkan kesempatan sekecil apapun, apalagi ketika teman-teman masih baru mulai cari kerja. Pakai kesempatan itu untuk latihan interview sebanyak-banyaknya. 

5. Berdoa dan berusaha

Tips persiapan cara lowongan kerja yang kelima ini adalah slogan ora et labora, yaitu Anda berdoa dan berusaha. Karena kita tahu apapun yang di dalam kemampuan kita untuk bisa kita improof, untuk bisa kita kerjakan, yaitu kita kali kerjakan sebaik-baiknya. Mulai dari berorganisasi, belajar dengan baik, berteman sana sini. 

Jadi yang bagian kita sudah kita kerjakan sebaik-baiknya, sisanya kita serahkan ke yang mengatur segalanya (Allah). Yang pasti sudah diatur yang terbaik untuk masing-masing kita. Tetap percaya, tetap bersyukur, tetap berdoa, dan tetap semangat semangat.

Itu 5 tips persiapan cari lowongan kerja untuk fresh graduate, untuk pekerjaan pertama. Apakah ada tips-tips lain? Silahkan ceritakan pengalamannya mencari pekerjaan pertama di kolom komentar di bawah.

Baca juga artikel lainnya tentang pekerjaan dan interview di blog edubisnis.my.id.