Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Saat Interview Kerja Tentang Gaji

jawaban saat interview kerja tentang gaji

Pertanyaan interview kerja tentang gaji

Selamat datang di blog edubisnis.my.id. Artikel jawaban saat interview kerja tentang gaji akan menjelaskan sejelas-jelasnya bagaimana melakukan wawancara dengan baik dan benar dan menggambarkan sejelas-jelasnya supaya kamu diterima di perusahaan impian kamu.

Hari ini kita mau bocorin sebuah rahasia bagaimana cara menjawab pertanyaan klise yang kadang-kadang bikin kamu speechless. Apa jawaban saat interview tentang gaji. Jawaban saat ditanya ingin gaji berapa? 

Bagi banyak orang, jawab pertanyaan ini sulit banget. Apalagi buat orang Indonesia. Nah, di Indonesia ngomongin gaji adalah hal yang tabu dan dianggap bisa membawa dampak buruk. 

Cara jawab interview kerja tentang gaji

Jangan takut tentang jawaban saat interview ditanya gaji. Kalau misalnya pertanyaan kayak begini muncul pada saat kamu wawancara. Karena pertanyaan ini bisa jadi indikasi baik bahwa perusahaan yang tempat kamu melamar tertarik untuk mempekerjakan kamu.

Namun, jika kamu tidak siap untuk menjawab pertanyaan ini bisa berakibat fatal. Sebelum interview, kamu sebaiknya riset dulu, cari tau dulu berapa gaji yang biasanya diberikan untuk posisi yang kamu lagi lamar. Kamu bisa mengetahui informasi ini dengan cara Googling atau buka situs seperti Glassdoor atau Qerja, pakai Q.

Ada 2 opsi untuk cara menjawab pertanyaan seperti ini. Yang pertama coba jawab pertanyaan secara netral. Oke mas Budi Kalau boleh tau Ekspektasi gaji Mas Budi itu ada di range berapa ya? 

Jadi gini bu yang pasti saya sudah sangat tertarik dengan posisi yang ibu tawarkan dan saya percaya dan yakin bahwa perusahaan ibu pasti bisa memberikan gaji yang kompetitif dan sesuai dengan pengalaman dan kemampuan saya. 
Baca juga : Jawaban interview kekurangan dan kelebihan
Jawaban seperti itu sebenarnya pasif agresif. Kamu memberitahukan bahwa kamu percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki serta memberi ruang bagi perusahaan untuk meraih respekmu dengan cara memberikan penawaran yang kompetitif. Namun, jika interviewer tetap menekan untuk kamu memberikan angka kamu bisa menjawab dengan hasil riset yang sebelumnya pernah kamu lakukan. 

Ekspektasi gaji Mas Budi itu ada di range berapa ya? Jadi kemarin saya sudah research di Google dan segala macam kemudian saya juga udah tanya-tanya Jadi untuk posisi Digital Marketing Specialist di Jogja ini sekitar 3 sampai 7 juta. Jadi saya akan merasa nyaman kalau saya ditawarkan gaji di sekitaran itu juga. 

Oke, sekarang kamu sudah bisa tahu jawaban pertanyaan interview tentang gaji. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu juga supaya lebih mantap penilaiannya saat wawancara kerja.

Pertimbangan jawaban saat ditanya gaji

Selain rata-rata gaji yang ada di pasar, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan juga sebelum kamu menjawab pertanyaan saat interview soal gaji. 
  • Pertama, bagaimana culture perusahaan tersebut. 
  • Kedua, apakah perusahaan tersebut memiliki bonus atau insentif saat lembur. 
  • Ketiga, apakah ada program training dan pengembangan diri yang diberikan oleh perusahaan 
  • Keempat, adakah kebijakan terkait bonus atau komisi 
  • Kelima, berapa ya jam kerja yang diharuskan oleh perusahaan 
  • Yang keenam, benefit apa yang kamu terima dari perusahaan 
  • Tunjangan Kesehatan? Atau Tunjangan Hari Tua mungkin? 
Terima kasih sudah membaca artikel jawaban saat interview ditanya soal gaji. Baca juga artikel lainnya tentang bisnis, karir dan keuangan di blog edubisnis.my.id. 

cara mendapatkan pekerjaan impian

Artikel lainnya tentang interview kerja :