Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakaian Training Indomaret - Lama Training dan Sistem Kerja

pakaian training indomaret dan pakaian melamar kerja

Training Indomaret adalah tahapan yang dilewati setelah proses interview kerja dan dinyatakan lolos. Salah satu hal yang penting dan harus diketahui di tahap ini adalah pakaian training Indomaret. Saat training, seluruh peserta harus memakai pakaian training yang sudah ditentukan sebelum mulai kerja di lapangan sesuai dengan posisi masing-masing. 

Untuk proses training Indomaret, laki-laki dan perempuan dilakukan terpisah dengan materi yang berbeda. Laki-laki diberikan materi tentang pramuniaga, bagaimana menyambut konsumen dan menyiapkan barang dagangan. 

Materinya seperti menyambut konsumen ketika datang, sapaan khusus Indomaret, menjaga toko rapih dan bersih, cara menerima barang dan menyimpannya di display toko atau gudang, serta cara mengoperasikan program kasir.

Untuk perempuan, materinya seputar kasir dan cara memberikan pelayanan. Materi training yang diberikan seperti mengatur promo, menyusun barang-barang sesuai listing, cara menerima pembayaran baik tunai maupun non tunai dengan menggunakan mesin EDC, dan manajemen keuangan. 

Setelah itu, seluruh peserta training akan diberikan materi standar operasional prosedur (SOP), menghafal 7 kosa kata pelayanan Indomaret yang pasti akan kamu dengar setiap ke Indomaret, mars Indomaret, janji karyawan, serta mindset dan budaya kerja Indomaret.

Di bawah ini akan dibahas contoh pakaian training Indomaret yang perlu kamu pakaian selama masa training. Ini bisa juga kamu jadikan pakaian saat melamar kerja di Indomaret. 

Pakaian Training Indomaret

Bukan hanya di Indomaret, namun di setiap perusahaan kita perlu berpakaian rapih dan sopan. Setiap perusahaan memiliki peraturan tentang pakaian yang berbeda-beda. Nah, untuk di Indomaret, pakaian training yang digunakan adalah atasan putih dan bawahan hitam (hitam putih).

Contoh Pakaian Training Indomaret Laki-laki

Untuk laki-laki menggunakan kemeja putih, bisa lengan pendek atau lengan panjang dan celana kain warna hitam. Ingat ya, jangan pakai celana jeans walaupun warnanya hitam. Pakai celana katun atau celana kantor yang formal. 


pakaian training indomaret untuk pria hitam putih

Usahakan kemeja dan celana rapih, tidak kusut. Untuk kemeja dimasukkan ke dalam celana dan memakai sabuk. Sabuk bebas, asalkan serasi dengan warna celana.

Hindari memakai sepatu kets, pakai sepatu formal atau sepatu pantofel warna hitam atau coklat. Rambut rapih dan tidak gondrong. Kumis dan jenggot dicukur.

pakaian training indomaret melamar kerja hitam putih


Ini adalah standar pakaian training Indomaret untuk laki-laki. Sama seperti pakaian untuk bekerja di kantoran.

Contoh Pakaian Training Indomaret Perempuan

Untuk pakaian training perempuan warnanya sama dengan yang laki-laki. Atasan atau baju menggunakan kemeja putih, bisa lengan pendek atau lengan panjang. Dan untuk bawahan bisa memakai celana atau rok warna hitam. Untuk celana perempuan juga sama, tidak boleh pakai celana jeans, harus celana kain formal.


pakaian training indomaret


Cara memakai baju kemeja perempuan ada 2, bisa dimasukkan ke dalam celana dan memakai sabuk seperti laki-laki atau bisa juga diluar seperti terlihat di foto.

Untuk perempuan yang memakai kerudung, bisa menggunakan kerudung warna hitam atau warna putih. Kemudian untuk sepatu juga sama, hindari sandal atau sepatu kets. Gunakan sepatu formal warna hitam atau coklat.

Tempat Training Indomaret

Setelah tahu pakaian training Indomaret, kamu juga perlu tahu tempat trainingnya. Untuk tempat training Indomaret ada di kantor cabang disetiap wilayah. Berikut ini tempat training Indomaret di pulau Jawa :

Semarang

Randu Garut, Kec.Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50181 Telp. 0248665660

Cirebon

Kejuden, Kec.Depok, Kab.Cirebon, Jawa Barat 45155 Telp. 0231247195

Jakarta 1

Jl.Ancol Barat VIII, RT.1/RW.3, Ancol, Kec.Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430 Telp. 02126073770

Jakarta 2

Ancol, Kec.Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Surabaya

Pilang, Kec.Wonoayu, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur 61261 Telp. 03199090782

Malang

Jl.Mayjen Sungkono No.99, Wonokoyo, Buring, Kec.Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65135 Telp. 082232375163

Bali

Jl.Cokroaminoto No.37, Pemecutan Kaja, Kec.Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111

Jogjakarta

Jl.Ring Road Barat, No. 99, Salakan, Trihanggo, Gamping, Bedog, Trihanggo, Kec.Gamping, Kab.Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592 Telp. 02746499300

Klaten

Petung, Blanceran, Kec.Karanganom, Kab.Klaten, Jawa Tengah 57475

Berapa Lama Training Indomaret ?

Lama training Indomaret disesuaikan dengan posisi atau jabatan. Untuk posisi pramuniaga atau kasir, lama training Indomaret berlangsung selama 2 pekan atau 14 hari. Untuk posisi lainnya disesuaikan dengan kebijakan kantor cabang.

Itu tadi pakaian training Indomaret, lama training dan juga sistem kerja Indomaret. Kalau kamu merasakan manfaat dari artikel ini, silahkan share ke teman atau yang lainnya.

Baca juga artikel lainnya tentang pertanyaan interview Indomaret dan jawabannya di website edubisnis.my.id.