Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai Gejala Monday Blues - Sindrom Hari Senin

Waspadai Gejala Monday Blues - Sindrom Hari Senin

senin; hari senin; malas kerja; ucapan hari senin; malas bekerja; penyebab malas kerja; senin adalah; senin produktif; penyebab malas bekerja; hari ini senin; ucapan untuk hari senin; ucapan happy monday; kerja malas; cara mengatasi malas bekerja; cara mengatasi malas kerja; di hari senin; menghilangkan rasa malas bekerja; cara menghilangkan malas bekerja; cara menghilangkan rasa malas kerja; malas nak kerja; malas kerja kantoran; hari senin lucu; katakata senin; katakata hari senin; monday blues; sindrom hari senin;

Monday blues atau sindrom hari senin - Adalah hal yang alamiah jika kita ditanya oleh seseorang : “Hari apakah yang paling menyenangkan?” Maka secara spontan, kita akan mengatakan “hari libur”, terserah apakah hari libur itu dihari minggu atau hari libur besar lainnya. 

Nikmatnya hari libur bisa membuat seseorang merasa betah hingga tak ingin berjumpa dengan hari berikutnya, yakni hari Senin. Mengapa ? karena dihari inilah kita harus bekerja dan memulai kembali berbagai aktivitas.

Saat ini saya ingin berbagi informasi dengan anda semua, tentang fenomena tidak nikmatnya hari Senin, atau biasa dinamakan Syndrome hari Senin.

Sindrom Hari Senin Adalah ...

Mengapa dinamakan Sindrome Hari Senin ? Sindrome hari senin adalah ketika seseorang itu tidak suka dengan hari Senin. Ketidaksukaan itulah yang akhirnya memunculkan berbagai gejala pada dirinya terhadap hari Senin. Dan kumpulan gejala itu yang dinamakan sebagai Sindrome. 

Jika gejala-gejalanya mengarah pada obyek hari Senin maka dinamakan Syndrome hari Senin. Bagaimana kalau hari Selasa, maka namanya juga Syndrome hari Selasa, begitupun hari Rabu, Kamis dst. Bagaimana jika semua hari ? (he..he..he..he).

Gejala Sindrom Hari Senin (Monday Blues)

Berarti sindrome semua hari dan tidak perlu hidup lagi.Apa sajakah gejalanya ? Gejala syndrome ada 3 yakni gejala fisik, gejala psikis dan gejala perilaku.

Gejala fisik. Tampak lelah padahal kerja sebelumnya biasa saja, lesu, lemas, pinginnya tidur saja, dan badan terasa kaku.

Gejala psikis.Tidak mood bekerja, resah, bingung dengan pekerjaannya padahal sudah jelas, suntuk, dan jika dimotivasi tidak pengaruh.

Gejala perilaku. Bangun tidur sengaja dilamakan, menunda persiapan kerja, ngobrol sana-sini dikantor, mudah mengantuk, pinginnya pulang saja, serta melihat jam dinding : “kapan pulang ya?” Kemudian, mengapa ini bisa terjadi ? 

Penyebab Monday Blues

Ada beberapa hal penyebab monday blues atau sindrom hari senin, diantaranya adalah : 

1. Moment istirahat terlalu sedikit.

Maksudnya bukan nambah istirahat lagi lho, tapi yang dimaksud disini adalah jumlah aktivitas tiap mingguannya terlalu lama sehingga menyebabkan kesempatan istirahat berkurang. Dan hal ini berlangsung berulang-ulang.

2. Tidak memiliki perencanaan kerja.

Siapapun yang tidak memiliki perencanaan termasuk didalamnya visi dan misi kerjanya maka apapun aktivitas yang dilakukan tidak akan terarah. Dan syndrome hari Senin masih merupakan salah satu gejala yang harus dialami jika kita tidak mempunyai sampai kapanpun sebuah perencanaan dalam bekerja.

3. Bukan karir baginya.

Kapan-kapan saya ingin mengkaji lebih dalam tentang karir, namun disini saya ingin menunjukkan bahwa minat karir yang tepat akan menyebabkan seseorang memiliki fokus yang lebih dibandingkan yang tidak.

4. Kerja hanya dipacu mencapai target tanpa sebuah motivasi.

Bekerja, bekerja dan hanya bekerja masihlah instant. Seseorang butuh penunjang, dan itu termasuk diantaranya adalah motivasi. Sebuah energi besar yang dipompa secara berkala pada seseorang agar ia mampu bangkit ditengah kesulitan, kejenuhan, tantangan eksternal dan sebagainya.

5. Lingkungan kerja yang tidak kondusif.

Lingkungan yang tidak komunikatif, saling curiga mencurigai, kran keterbukaan tidak ada, serta lebih mengutamakan perintah tanpa adanya kesadaran juga akan menunjang terjadinya syndrome hari Senin ini.

Nah, jika anda sudah tahu apa gejala dan mengapa syndrome hari Senin terjadi, maka ini menjadi alat untuk menilai serta mencegah agar syndrome ini bisa diminimalisir, dan saya yakin, anda pasti bisa ! Selamat mengamati sekitar dan mencobanya.