Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Diterima Kerja Di Indomaret - EduBisnis

Tips diterima kerja di indomaret

Di artikel ini akan dibahas tips diterima kerja di Indomaret yang kerap kali jadi target untuk para alumnus sekolah ataupun sarjana.

Banyak yang ingin bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan retail Indomaret ini. Salah satunya karena outletnya banyak dan yang pasti sudah terkenal di Indonesia ini.

Umumnya mereka mencari info dan tips agar bisa diterima dan juga meraih salah satu jabatan sebagai pegawai di Indomaret.

Karena banyak yang merasa kalau bekerja di Indomaret mempunyai tantangan sampai keseruan tertentu.

Biar lebih tergambar serta bisa diterima dan menjadi bagian dari Indomaret, berikut 7 tips diterima kerja di Indomaret.

1. Tips Diterima Kerja di Indomaret Dengan Tiba Di Interview Lebih Awal

Ini adalah tips terbaik untuk kamu yang ingin diterima kerja, yaitu ikuti proses interview dengan baik.

Ketika proses interview pasti saja kamu harus memperhatikan banyak hal selain pakaian yang dikenakan.

Hal pertama misalnya menjawab pertanyaan wawancara dengan memberikan jawaban yang lugas dan tegas.

Dan hal yang perlu menjadi perhatian pertama ketika wawancara kerja adalah datang sebelum waktunya. Dengan datang awal atau datang sebelum waktunya, ini akan memberikan banyak manfaat.

Manfaat untuk kamu, kamu bisa melakukan persiapan sebelum dipanggil ke ruangan interview. Misalnya merapihkan pakaian, menyikat gigi, memakai parfum supaya ngga bau knalpot (misalnya naik motor), dll. 

Dan dengan datang awal, kamu juga punya waktu untuk mengkondisikan diri supaya lebih tenang.

Di pihak rekruter, kedatangan calon karyawan yang lebih awal akan menjadi point positif tersendiri. Ini akan memberikan penilaian bahwa kamu termasuk orang yang memperhatikan waktu.

Supaya bisa datang tepat waktu (datang sebelum waktunya), mungkin kamu perlu ujicoba diluar waktu interview untuk mengukur waktu yang diperlukan dari rumah ke tempat interview.

2. Lalui Masa Ujicoba Dengan Baik

Banyak yang ingin bekerja di Indomaret karena di perusahaan ini menawarkan jejang karir yang menarik.

Di sisi lain buat dapat jadi karyawan di gerai ini pastinya kamu harus mempunyai pengatahuan dan keterampilan.

Karena banyak peminatnya, sehingga bekerja di gerai Indomaret menjadi tantangan tersendiri yang tidak mudah.

Umumnya saat sebelum jadi pegawai tetap, tiap pelamar yang diterima diharuskan menempuh masa percobaan kerja dulu.

Bila lulus dari masa percobaan, baru kamu akan menjadi karyawan dan siap untuk meniti karir yang lebih tinggi. Jadi, lewati masa kerja ini dengan baik ya supaya bisa menjadi pegawai tetap di Indomarco Prismatama.

3. Gunakan pakaian yang pas

Tips lain yang hendaknya kamu ketahui ialah senantiasa menjaga penambilan ketika datang untuk interview kerja.

Pakailah pakaian yang rapih dan sopan dengan warna dan juga asesoris yang pas. Jangan terlalu rame ya, apalagi untuk perempuan. Ingat ini mau ke lamaran kerja, bukan ke kondangan (^_^).

Buat pria bisa jadi dapat memakai pimpinan gamis serta anak buah celana yang sesuai alhasil performa nampak apik.

Untuk busana pria lebih mudah ya dibanding busana perempuan. Untuk pria bisa memakai kemeja dan celana katun. 

Ingat juga untuk memakai sepatu ya, jangan sandal sepatu, apalagi sandal. Dan atur juga rambut supaya terlihat rapi dan tidak gondrong.

Untuk perempuan, pakaian busana yang simple dan sopan. Bisa menggunakan atasan kemeja atau blouse dan bawahan menyesuaikan.

Baca juga : Pertanyaan interview Indomaret dan jawabannya

4. Attitude itu yang utama

Proses wawancara kerja biasanya lebih dari satu kali. Mulai dari menyerahkan berkas lamaran, proses interview satu dan seterusnya hingga ke masa uji coba.

Dalam setiap proses itu, perlu kamu jaga bagaimana sikap kepada atasan atau sesama. Karena salah satu hal yang paling penting dan ini menjadi pertimbangan utama rekruter adalah sikap atau attitude.

Orang yang punya IPK tinggi tapi attitude rendah akan lebih sulit diterima kerja dibandingkan dengan yang IPK rendah tapi punya attitude bagus.

Tunjukkan bahwa kamu bisa dan biasa menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). Ini akan sangat dibutuhkan, apalagi ketika kamu melamar di bagian kasir yang akan berhubungan langsung dengan konsumen.

Dan miliki juga sikap bertanggung jawab dan mau belajar. Di awal bekerja pasti semua orang belum bisa atau belum ahli dalam mengerjakan tugasnya. Sikap bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan sangat diperlukan. Dan juga tentu sikap mau belajar untuk terus meningkatkan kemampuan akan sangat berguna.

Dalam berkomunikasi, sering-seringlah mengucapkan kata yang ajaib yaitu maaf dan terima kasih. Dua kata ini bisa membuat orang respek dan menilai positif diri kita.

5. Ikuti semua tes dengan baik

Dalam proses rekrutmen di Indomaret, pelamar bukan hanya mengikuti proses wawancara dan interview saja, tapi juga ada proses tes lainnya. Ada tes tulis, dan juga tes psikologi.

Tes tulis yang pertama biasanya adalah tes matematika. Untuk soalnya itu adalah matematika dasar. Hal ini sangat dibutuhkan karena bekerja digerai pasti akan berhubungan dengan matematika. 

Dan tes psikologi untuk melihat kecocokan antara posisi yang dilamar dengan karakter yang kamu miliki. Ini juga akan sangat bermanfaat untuk kamu dalam mengenal diri sendiri. Bagi yang pernah ikut tes psikologi dan melihat hasilnya, ini akan sangat membantu dalam mencari pekerjaan yang pas.

6. Penuhi syarat yang diberikan rekruter

Perhatikan syarat yang diberikan oleh pihak rekruter Indomaret ya. Pastikan kamu memenuhi semua kriteria yang diminta.

Misalnya untuk tinggi badan pria minimal adalah 160 cm, dan tinggi badan wanita minimal 155 cm.

Lihat juga untuk minimal pendidikan yang diminta, apakah S1 atau dibawahnya.

7. Pilih posisi pekerjaan yang sesuai

Ini merupakan salah satu kesimpulan dari tips diterima kerja di indomaret. Tips terakhir ini adalah pilih posisi pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan juga karakter yang kamu miliki.

Setiap posisi memerlukan keterampilan dan juga kriteria yang berbeda. Silahkan timbang posisi apa yang pas yang bisa membuat peluang kamu untuk diterima lebih besar. 

Kalau belum punya gambaran tentang posisi yang kamu lamar, kamu bisa bertanya kepda teman atau orang yang sudah bekerja di Indomaret. Atau bisa juga mencari informasi umum di internet tentang tugas yang akan kamu lamar.

Usahakan kamu memiliki passion di pekerjaan atau posisi yang akan kamu lamar. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika kamu dalam tekanan pekerjaan. Dengan memiliki passion, kamu akan mudah melewati itu semua.

Itu tadi tips diterima kerja di indomaret. Kalau kalian merasakan manfaat dari artikel ini, silahkan share ke yang lain.