Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pertanyaan Interview Customer Service dan Jawabannya

pertanyaan dan jawaban interview customer service

10 Pertanyaan interview customer service dan jawabannya

Apakah Anda sedang melamar untuk posisi customer service? Dapatkan info dan juga tips sukses interview kerja customer service di artikel ini. Membahas 10 pertanyaan interview yang sering muncul dalam proses wawancara.

Dengan memahami informasi yang ada di artikel ini, Anda bisa lebih mudah untuk menunjukkan kepada rekruter bahwa Anda adalah orang yang cocok untuk posisi customer service atau call center.

Kita akan bahas 10 pertanyaan interview customer service dan jawabannya. Dan jika Anda memperhatikan jawaban-jawaban dari pertanyaan interview customer service ini, Anda bisa memahami seperti apa kandidat yang sedang perusahaan butuhkan, dan Anda bisa mendapatkanya dengan lebih mudah.

Di artikel ini juga disertai tips yang jarang diketahui oleh orang yang melamar pekerjaan. Yuk, kita bahas pertanyaan interview untuk customer service.

1. Kenapa Anda ingin bekerja disini

Di pertanyaan kenapa Anda ingin bekerja disini, yang perlu anda lakukan adalah menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan yang anda lamar. Jadi, sebelum proses interview, Anda harus mencari informasi tentang perusahaan terlebih dahulu dan mengetahui gambaran besarnya. Bisa dimulai dari sejarah, prestasi, visi misi dan lainnya. Terutama yang akan berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Contoh jawaban interview kenapa anda ingin bekerja disini seperti :

Sebenarnya saya adalah konsumen dari perusahaan ini, dan saya sangat kagum dengan kualitas produk  dan layanan purna jualnya. Pernah suatu waktu saya mengalami masalah, dan bisa bicara langsung dengan customer service. 

Saya kagum dengan penanganan dan cara pemecahan masalah yang dilakukan. Dan bagi saya itu penting, bagaimana perusahaan menempatkan konsumen menjadi yang utama. Dan itulah alasan kenapa saya ingin bekerja disini.

Tidak penting apakah perusahaan yang Anda lamar itu menjual bergerak di bidang jasa atau barang, yang terpenting adalah Anda membagikan pengalaman pribadi yang sesuai. 

Dalam sesi ini, katakan bahwa anda menyukai bidang customer service. Dan tunjukkan juga apa yang pernah anda lakukan (pengalaman di perusahaan sebelumnya jika ada). Beritahu juga kualifikasi yang anda miliki yang bisa mendukung peran sebagai customer service di perusahaan tersebut.

Lalu, bagaimana kalau anda tidak punya pengalaman langsung dengan jasa atau produk dari perusahaannya. Jangan khawatir, sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Anda bisa share sesuatu yang anda dapatkan dari proses searching di internet atau media lain.

2. Alasan bekerja sebagai customer service

Kita lanjutkan ke pertanyaan interview customer service yang kedua yaitu alasan bekerja sebagai customer service atau alasan memilih posisi customer service.

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melihat motivasi anda untuk bekerja. Dengan pertanyaan ini, rekruter ingin tahu apakah anda mempunya sifat utama yang dibutuhkan oleh customer service yaitu  mental melayani dan juga senang dalam membantu orang lain atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan alasan bekerja sebagai customer service, tunjukkan bahwa Anda orang yang mampu merespon positif setiap situasi dan juga tunjukkan bahwa Anda senang membantu orang lain. Tunjukkan bahwa dengan membantu orang memecahkan masalah merupakan sebuah kebanggaan bagi Anda. Tunjukkan jawaban ini dengan antusias, energized dan juga rasa tanggung jawab yang tinggi.

3. Bagaimana Anda mengatasi pelanggan yang kecewa?

Untuk jawaban pertanyaan yang memerlukan penjelasan dan juga membahas pengalaman yang pernah dilakukan, gunakan teknik STAR yaitu situation, task, action dan result.

Jelaskan peran anda dalam situasi yang Anda ceritakan dan dampaknya dengan sistem STAR tadi.

Berikut ini contoh jawaban bagaimana Anda mengatasi pelanggan yang kecewa :

Saya pernah bekerja di beberapa posisi dan pernah menangani pelanggan yang kecewa. Sebagai contoh, saya pernah menangani proses pendaftaran anggota sebuah lembaga. Lembaga ini sangat tertarik dan ingin segera mendapatkan layanan jasa dari perusahaan kami. Saya pun segera menindaklanjutinya dengan mengirim nomor kontak beliau ke bagian admin untuk segera diproses.

Esoknya, orang tersebut menghubungi dengan nada yang tinggi. Beliau kecewa karena sampai saat itu belum ada kabar tentang pendaftarannya. Beliau mengatakan pelayanannya mengecewakan. Dan beliau ingin membatalkan pendaftaran.

Tanpa membuat alasan pembenaran, saya mendengarkan keluhannya, meminta maaf dan berterima kasih atas minatnya untuk mendaftar. Dan saya mengatakan bahwa saya akan berusaha untuk membuat permasalahan ini segera selesai. 

Jika saya diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini, saya mampu menangani suasana sulit yang serupa dengan empati dan sopan.

4. Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi customer service

Kita ketahui bersama bahwa tidak setiap orang cocok untuk bekerja sebagai customer service, salah satunya berhubungan dengan karakter. Rekruter atau HRD ingin mengetahui apakah Anda termasuk kandidat yang cocok untuk posisi ini atau tidak.

Mereka juga ingin melihat bagaimana kemampuan anda dalam mengendalikan diri untuk tetap tenang ketika situasi berjalan diluar ekspektasi. Berikut ini contoh jawaban pertanyaan apa yang membuat anda cocok sebagai customer service

Dipekerjaan saya sebelumnya di toko kue, pernah terjadi situasi yang tidak menyenangkan bagi pelanggan. Kue yang dipesan tidak sesuai dengan ekspektasinya. Walaupun saya bukan bagian yang mendapat pesanan tersebut, saya tetap merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. 

Saya mencoba bertanya kenapa pelanggan apa yang membuatnya tidak senang. Ternyata alasannya kecewa itu bukan karena rasa kuenya, tapi karena penyajian kuenya. Saya berpikir hal itu mudah untuk diatasi. Tanpa berlama-lama, saya segera menyelesaikannya.

Dalam setiap kondisi, saya selalu berusaha mencari solusi terbaik sambil menampilkan suara dan body languange yang empati.

Dengan melakukan hal tadi, pelanggan tersebut akhirnya bisa menerima dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Dan setiap orang mendapat manfaat dari situasi ini. Saya percaya kalau pendekatan customer service yang baik itu bisa berdampak positif untuk bisnis.

Sebagai catatan, sifat yang perlu dimunculkan dari pertanyaan interview kerja ini adalah kemampuan Anda untuk mendengar, rasa empati dan juga rasa memiliki yang merupakan sifat utama yang diperlukan oleh orang yang berkerja sebagai customer service.

5. Beritahu kami pengalaman saat anda melakukan kesalahan

Ini merupakan pertanyaan umum yang sering ditanyakan di wawancara kerja. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan yang membuat pelanggan kecewa.

Dalam menjawab pertanyaan ini, jelaskan kesalahan yang berasalan tapi bukan kesalahan besar.

Contoh jawaban interview pengalaman melakukan kesalahan :

Ketika pekan pertama saya bekerja, saya menerima panggilan telepon dari pelanggan. Pelanggan tersebut menanyakan sesuatu yang saya belum tahu jawabannya. Oleh karena itu saya meminta pelanggan untuk menunggu sambil saya konsultasi kepada team leader. 

Saat meminta pelanggan untuk menunggu, saya lupa untuk mengaktifkan mode tunggu, sehingga telepon terputus. Karena saya belum mencatat nomor teleponnya, saya pun tidak bisa menghubunginya kembali. Dan saat pelanggan itu menelepon kembali, dia terlihat prustasi.

Saya segera meminta maaf karena kesalahan tersebut. Dan syukurlah pelanggan tersebut mau memahami dan dia juga mengapresiasi permintaan maat saya.

Karena pengalaman ini, akhirnya saya belajar untuk segera menuliskan nomor telepon pelanggan di awal percakapan sehingga bisa segera merespon pelanggan dengan solusi yang ada apabila terjadi hal serupa

Dan kadang pertanyaan ini disusul dengan pertanyaan apa kelemahan atau kekurangan anda. Untuk pertanyaan ini, anda bisa dapatkan gambaran jawabannya di artikel Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda.

6. Pengalaman menerima layanan yang buruk dari customer service

Beralih ke pertanyaan tentang customer service ke enam yaitu beritahu kami kapan anda pernah mendapatkan pelayanan yang kurang baik dari customer service.

Mungkin ini akan mudah Anda jawab karena setiap dari kita pernah menjadi konsumen. Jawab pertanyaan interview ini dengan share pengalaman spesifik menggunakan teknik STAR. Kemudian tunjukkan bagaimana pengalaman tersebut membentuk definisi anda tentang customer service yang baik.

Contoh jawaban interview pengalaman menerima layanan yang buruk dari customer service

Saya pernah pergi ke salah satu minimarket untuk melakukan pembayaran tagihan melalui mesin pembayaran khusus. Saat menginput nomor tagihan, mesin masih berjalan normal. Tapi ketika proses pembayaran, mesin tersebut tiba-tiba berhenti. Saya mencoba keluar menu dan mengulangi transaksi, tapi tetap gagal.

Karyawan yang berada di sana menghampiri dan bertanya apakah saya memerlukan bantuan namun dengan bahasa yang kurang friendly dan nada yang tidak nyaman. Karyawan tersebut tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya memberitahu bahwa mesin sedang mengalami gangguna. 

Dari pengalaman itu, saya belajar bahwa kita tidak bisa selalu memecahkan permasalahan dari konsumen, tapi kita bisa memberi perhatian ke sekitar kita dan memperhatikan masalah konsumen.

Dengan membuat saya merasa dilihat dan didengar dalam kondisi itu, itu pasti akan membuat saya lebih baik. 

Perhatikan bagaimana cerita tersebut menunjukkan tidak ada omelan atau hal negatif lainnya. Hanya menunjukkan kekecewaan akan penanganan pelanggan yang kurang baik.

7. Apakah anda bersedia bekerja di hari libur

Kita lanjutkan ke pertanyaan customer service yang ketujuh yaitu apakah anda bersedia bekerja di hari libur atau diluar jam kerja.

Pekerjaan customer service merupakan pekerjaan yang tidak ada hentinya, walaupun di hari libur atau diluar jam kerja. Untuk mengatasinya, biasanya perusahaan besar membuat jadwal shift menjadi 3 sehingga tetap bisa melayani 1x24 jam.

Perhatikan baik-baik tentang jadwal kerja yang diinginkan oleh perusahaan dan bersiap untuk ditanya tentang jadwal harian anda.

Contoh jawaban pertanyaan interview apakah anda bersedia bekerja di hari libur : Setiap hari Minggu saya mengunjungi orang tua di luar kota. Untuk hari senin sampai sabtu saya siap bekerja sampai jam 21.00.

Menetapkan harapan tugas atau jadwal adalah kuncinya. 

8. Beri contoh ketika Anda bekerja di bawah tekanan

Lanjut ke pertanyaan no delapan yaitu apakah Anda siap bekerja dibawah tekanan atau beri saya contoh ketika anda bekerja dibawah tekanan.

Setiap bisnis biasannya memiliki waktu-waktu sibuk, dan setiap layanan memiliki jadwal yang berbeda. Ada yang waktu sibuknya setiap hari atau saat weakend atau libur saja. Kondisi seperti ini akan menguji bagaimana anda bekeja dibawah tekanan.

Ketika menjawab pertanyaan ini, anda perlu meyakinkan rekturer atau HRD bahwa stres yang terjadi dalam rush hours tidak berdampak pada layanan anda kepada pelanggan. Terutama bagaimana nada suara dan bahasa tubuh anda yang akan langsung dirasakan oleh pelanggan.

Berikut ini contoh jawaban interview beri saya contoh Anda bekerja di bawah tekanan dengan menggunakan teknik STAR :

Di awal semester sekolah, pendaftaran layanan kami biasanya mengalami peningkatan yang signifikan hingga 400%. Karena banyaknya pendaftar, waktu pelayanan pendaftaran sekolah menjadi terlambat, bahkan bisa hingga 1 pekan. Tapi, semester kemarin kami berhasil mendaftarkan semua sekolah kedalam databse kami tepat waktu.

Kami berhasil bekerjasama dan saling menutupi kemungkinan yang akan menjadi penyebab keterlambatan pelayanan. Kami bahkan bisa memfollow up setiap sekolah untuk memastikan bahwa mereka sudah bisa mengakses layanan yang kami sediakan.

9. Apa pencapaian terbesar dalam hidup atau pekerjaan Anda

Kita lanjutkan ke pertanyaan wawancara kesembilan yaitu apa pencapaian terbesar dalam hidup atau pekerjaan Anda. 

Ini adalah salah satu pertanyaan penting yang bisa anda gunakan untuk menunjukkan kelebihan atau prestasi yang pernah Anda raih dalam pekerjaan yang bisa membantu memperkuat jawaban interview lainnya. 

Berikut ini contoh jawaban apa pencapaian terbesar dalam hidup atau pekerjaan Anda.

Di pekerjaan sebelumnya, saya punya pelanggan lembaga yang rutin bertanya mengenai cara penggunaan layanan yang kami sediakan. Dan setiap bertanya, selalu di luar jam kerja, sekitar jam 8 malam. Tapi ini tidak membuat saya menunda untuk menjawabnya. Saya selalu berusaha untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan walaupun kadang selesai sampai jam 11 malam.

Dan suatu waktu, beliau menelepon saat jam 11 siang sebelum istirahat. Beliau menceritakan bahwa diri lembaganya merasa sangat terbantu dengan apa yang saya lakukan dan perusahaan kami sediakan.

Dan karena itu, beliau mereferensikan kami rekan-rekannya di lembaga lain yang serupa. Dan mengundang kami untuk presentasi layanan yang kami miliki. Dan dari presentasi tersebut,  dari 20 lembaga yang haidr, 5 diantaranya langsung daftar.

10. Apa ada pertanyaan

Dan pertanyaan terakhir untuk interview customer service yang biasa ditanyakan adalah apa ada pertanyaan.

Ini merupakan peluang bagus untuk bertanya tentang perusahaan dan juga posisi yang sedang anda lamar. Manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya dan menunjukkan bahwa Anda antusias dengan pekerjaan ini.

Sangat penting untuk meninggalkan kesan positif kepada rekruter, salah satunya dengan bertanya. Dan pastikan pertanyaan yang anda berikan bukan pertanyaan basa-basi, tapi berikan pertanyaan yang stategis. Pertanyaan yang menunjukkan apa yang sudah anda ketahui dan juga menunjukkan bahwa anda cocok untuk posisi ini.

Contoh jawaban interview apa ada pertanyaan:

Saya lihat perusahaan anda banyak mendapat review positif, dan banyak yang memberikan bintang lima. Ini menunjukkan kalau layanan dari perusahaan Anda memang bagus dan bermanfaat. Bisa saya tahu bagaimana perusahaan menggambarkan karyawan yang sukses atau bekerja optimal?

Dengan pertanyaan ini, anda tidak hanya menunjukkan bahwa Anda berminat, tapi juga ingin mengerjakannya dengan baik.

Ini merupakan peluang bagus untuk belajar tentang kualitas karyawan atau hal lain yang paling dihargai oleh perusahaan.

Itu dia gambaran pertanyaan dan jawaban interview kerja untuk customer service. Sekarang anda tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dalam proses wawancara.

Simak pertanyaan interview kerja lainnya di artikel Bocoran 10 Pertanyaan Interview dan Jawabannya.

Video pertanyaan interview customer service dan jawabannya