Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan dan Jawaban saat Interview Kerja untuk Fresh Graduate

Persiapan Interview Kerja untuk Fresh Graduate


Pertanyaan dan jawaban saat interview kerja untuk fresh graduate

Ketemu lagi dengan edubusnis.my.id. Kali ini saya mau bahas pertanyaan dan jawaban saat interview kerja untuk fresh graduate. Di artikel jawaban saat interview kerja ini juga mau ngebahas seputar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan terkait dokumen-dokumen saat melamar kerja. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu.
Yang pertama kita biasanya ditanya, "Ceritakan diri Anda?" Di sini kalian bisa ceritain nama kalian, tempat tanggal lahir, terus juga asal kampus, jurusan, asal daerah, umur, hobi, ataupun minat kalian dibidang apa.

Yang kedua seputar tugas akhir. Biasanya kita ditanya, berapa lama pengerjaan tugas akhirnya? Terus juga judulnya? apa prosesnya bagaimana? Mungkin kalian juga bisa ceritakan project-project yang kalian kerjakan saat di kuliah. Jadi ini suatu ajang untuk mempromosikan diri kalian juga.

Selanjutnya biasa kita ditanya seputar kemampuan diri kalian. Contoh, misalnya kalian seorang programmer yang melamar di suatu perusahaan. Hal-hal yang ditanyakan biasanya apakah kamu tahu bahasa pemograman .net atau java atau php. Yang kedua biasanya, kapan kalian terakhir pernah memakai bahasa pemrograman tersebut, atau mungkin kalian punya project yang pernah dikerjakan ya bisa diceritakan lebih detail lagi.

Jadi intinya kemampuan diri itu lebih ke apakah posisi yang kalian lamar sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki. Itu salah satu contohnya dari programmer. 

Lanjutnya biasanya kita ditanya terkait kesiapan dalam bekerja. Untuk teman-teman fresh graduate biasa ditanya bagaimana sih lingkungan yang kalian harapkan di suatu perusahaan yang akan kalian tempati nantinya. Misalnya jam kerjanya bagaimana, terus juga gaya berpakaiannya bagaimana.

Yang terakhir, persiapkan jawaban interview kekurangan dan kelebihan kalian.  Disini, kunci utamanya adalah jujur. Jadi kalian jangan terlihat sombong ataupun melebih-lebihkan. Tapi jangan juga terlihat terlalu merendah. 

Jika rekruter sudah selesai bertanya seputar diri kalian, biasanya rekruter mempersilahkan kalian untuk bertanya. Dan disini kesempatan kalian untuk menanyakan tentang perusahaan secara lebih detail lagi.

Karena banyak yang bertanya tentang apa sih perbedaan dokumen-dokumen untuk melamar kerja. Di sini saya akan bahas secara singkat perbedaan antara cv, resume dan portofolio. 

Yang pertama adalah CV atau biasa kita sebut sebagai riwayat hidup berisikan informasi diri yang isinya itu biasanya data diri sendiri, pengalaman pekerjaan, dan lain-lain. Ini bisa menjadi media bagi teman-teman untuk mempromosikan diri kepada rekruter. Ini juga sifatnya umum, jadi bisa kalian pakai untuk berbagai posisi yang kalian lamar. Dan juga CV tidak terbatas, jadi kalian boleh lebih dari satu halaman.

Nah jika CV adalah gambaran riwayat hidup, maka resume adalah gambaran singkat tentang diri kamu. Kenapa perusahaan harus merekrut kamu sebagai karyawan? Karena resume ini sifatnya lebih spesifik, maka jika kamu akan apply ke posisi yang lain, kamu harus updated resume kamu.

Yang terakhir adalah portofolio. Portofolio dianggap sebagai bukti untuk kemampuan atau skill yang kalian miliki. Portofolio lebih spesifik pada bidang yang sesuai dengan hasil karya kamu.

Dari ketiga dokumen yang sudah saya jelaskan tadi, oleh karena itu kalian harus tahu perbedaan dari CV, resume, dan portofolio agar kalian bisa kirim sesuai dengan kebutuhan para rekrutan.

Sekian artikel pertanyaan dan jawaban saat interview kerja untuk fresh graduate. Baca juga artikel menarik lainnya seputar pertanyaan dan jawaban interview kerja di blog edubisnis.my.id.

cara mendapatkan pekerjaan