Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jawab Pertanyaan Interview : Silahkan Perkenalkan Diri Anda

cara-jawab-pertanyaan-invterview-silahkan-perkenalkan-diri-anda
Cara menjawab pertanyaan wawancara kerja

Cara Jawab Pertanyaan Interview : Silahkan Perkenalkan Diri Anda

Artikel ini akan mengupas tips dan cara jawab pertanyaan interview : Ceritakan tentang diri Anda?Pertanyaan ini biasanya kita temui di awal interview. Sudah pasti HRD akan membuka interview dengan meminta kita menjelaskan siapa diri Anda.
Meskipun pertanyaan ini terdengar sederhana, tapi hati-hati ya. Kita bisa salah menjawab atau kita bisa bercerita tentang banyak hal yang terlalu personal. Ini bisa membuat kita gagal memberikan kesan pertama yang baik. 

Silahkan Perkenalkan Diri Anda

Apa aja do's and don'ts-nya? Kita akan bahas di artikel ini. Penjabaran ini bisa dijadikan bahan untuk persiapan atau latihan untuk menjawab pertanyaan interview : "Silahkan perkenalkan diri Anda!"

Cara Jawab Pertanyaan Interview

Jawaban ceritakan tentang diri anda, do's-nya! Ceritakan siapa diri Anda secara produktif. Ceritakan apa yang Anda kerjakan sehari-hari di kampus. Ceritakan apa yang Anda tempuh dalam perjalanan karir Anda sampai hari ini. Anda sudah bekerja di mana saja.

Jadi fokuskan perhatian recruiter ke kehidupan profesional Anda. Kalau belum punya kehidupan profesional, cerita tentang pengalaman organisasi juga boleh. Atau cerita tentang pengalaman part-time, atau membuka bisnis itu juga boleh banget. 

Hindari Jawab Pertanyaan Interview Seperti ini

Don'ts-nya apa? Jangan bercerita ngalor-ngidul tentang kehidupan personal. Menceritakan dari awal Anda SD di mana, SMP di mana, suka makan apa, ke sini naik apa, dan segala macam. Ini akan memberikan kesan Anda lugu, lucu, tapi juga terkesan orangnya nggak profesional dan tidak bisa mengarahkan percakapan. 

Ceritakan Hobi Produktif

Yang lainnya yang boleh Anda ceritakan untuk jawab pertanyaan interview, Anda boleh cerita tentang hobi produktif. Misalkan Anda bisa cerita kalau hari Sabtu suka volunteer mengajar untuk anak-anak kurang mampu. Melalui cerita tentang hobi ini, Anda bisa menceritakan sisi lain dari diri Anda, di luar dunia profesional. Tapi tetap di dalam ranah bahwa Anda orangnya bisa diandalkan dan bertanggung jawab 

Kita cerita soal mengajar di weekend untuk anak-anak tadi, artinya Anda komitmen waktu, komitmen harus datang dan mengajar, dan mempersiapkan materi. Itu menunjukkan bahwa Anda orangnya bisa diandalkan.

Ketika ditanya hobinya apa, jangan bercerita "Iya, hobi saya main game." "Iya, hobi saya olahraga." Lalu apa? Setelah itu, apa yang teman-teman lakukan dengan hobi tersebut? Apa yang teman-teman lakukan untuk membangun skill temen-temen di dalam hobi tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif. Menghasilkan sesuatu yang berguna buat orang lain. 

Arah Hidup

Teman-teman juga boleh jawab pertanyaan interview dengan bercerita tentang arah hidup teman-teman, misalnya rencana 1 tahun kedepan. Iya, memang kalau jujur-jujuran, nggak ada yang tahu arah hidup kita mau kemana! Tapi kalau teman-teman bisa bercerita sedikit saja gambaran kasarnya. Cerita teman-teman bisa memberikan kesan ke HRD bahwa teman-teman orang yang bersemangat, optimis, dan mampu mengarahkan hidupnya sendiri. 

Dalam bercerita, gunakan alur yang terstruktur untuk memudahkan dicerna oleh recruiter. Nah, itu tadi bocoran jawaban untuk pertanyaan, "Coba ceritakan tentang diri kamu." Ujung-ujungnya, yang perlu teman-teman ingat adalah miliki percaya diri. 

Kita mungkin minder ketika kita bercerita tentang diri kita sendiri. Kita mungkin merasa kita bukan orang yang sehebat yang kita ceritakan. Tapi percaya deh, semua orang, ketika dalam interview, pasti mempoles dirinya sendiri sehingga kelihatan lebih baik.

Dan itu sah-sah saja untuk dilakukan, selama kita nggak berbohong ya. Kita kan menceritakan yang baik baiknya saja. 

Gimana menurut teman-teman? Ada yang setuju? Nggak setuju? Atau mungkin punya cara lain untuk menjawab? Silakan jawab di kolom komentar ya untuk bahan pembelajaran bersama.

Baca juga artikel cara jawab pertanyaan interview lainnya di artikel pertanyaan dan jawaban saat interview.

silahkan perkenalkan diri anda