Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Aset Kekayaan : 5 Jalan untuk Pegawai dan Pengusaha

Cara meningkatkan aset kekayaan yang perlu Anda ketahui. 

Sebelumnya saya sudah menulis mengenai standard kekayaan (Asset Kekayaan Bagus) yang pantas Anda punya waktu umur sudah mencapai lebih dari 30 tahun.

Yang harus dijawab ialah : bagaimanakah caranya bisa melebihi standar kekayaan itu, supaya situasi keuangan aman dan terbebas dari kekurangan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar?

Cara Meningkatkan Aset Kekayaan


cara-meningkatkan-aset-kekayaran-pribadi-individu
Cara meningkatkan aset kekayaan individu

Di artikel di bawah ini, kita akan meng-explore 5 jalan yang pantas dijalani untuk hari esok keuangan yang lebih baik.

Sebelum mencari 5 strategi baik cara meningkatkan aset kekayaan, sebaiknya dipikirkan lagi standard yang baik untuk aset kekayaan.

Standar aset kekayaan :

Umur 35 – Bagusnya aset kekayaan > Rp 750.000.000

Umur 40 – Bagusnya aset kekayaan > Rp 1.000.000.000

Umur 45 – Bagusnya aset kekayaan > Rp 3.000.000.000

Umur 50 – Bagusnya aset kekayaan > Rp 5.000.000.000

Ada 1 hal PENTING yang perlu diperhatikan.

Ketika awal menyaksikan beberapa nilai rupiah di atas, pikiran apa yang terlintas di benak Anda?

Apa yang Anda percaya, itu yang akan Anda dapat.

Bila pemikiran atau bawah sadar Anda segera berbisik : wah, mustahil rasa-rasanya saya capai standard itu; 

hati-hati dengan pikiran yang muncul seperti ini karena ini bisa menjadi kenyataan.

Hal seperti itu yang sering dikatakan MENTAL BLOCK. Kebimbangan, rasa takut, serta pesimism, itu semua ialah kondisi yang harus

segera dihilangkan karena ini akan menjadi penghalang untuk mencapai kesuksesan.

Pikiran dalam bawah sadar ini yang terkadang mensabotase kekuatan untuk melakukan tindakan dengan kreatif; serta 

membuat kondisi Anda menjadi malas dan kondisi keuangan tidak bergerak lebih baik.

Baik, saat ini kita awali explore 5 jalan yang dapat meningkatkan kekayaan bersih atau aset kekayaan dengan halal, kreatif serta dalam jumlah yang banyak.

Cara meningkatkan aset kekayaan ini terdiri dari 5 jalan yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu : 3 jalan untuk yang Anda yang kondisinya sebagai karyawan swasta atau negri

dan 2 jalan untuk yang sekarang ini menjalani karir entrepreneur.

Tiga Jalan untuk meningkatkan ases kekayaan bagi Pegawai

Cara meningkatkan aset kekayaan # 1 : Tingkatkan dan percepat kenaikan karir Anda


program-percepatan-karir
Percepatan karir

Cukup bodoh jika ada yang ngomong mustahil jadi kaya jika cuman jadi pegawai. Pernyataan itu kemungkinan betul serta cuman berlaku untuk 

pegawai tingkat rendahan (dan kemungkinan besar yang bicara itu juga pegawai tingkat upah yang kecil).

Kenyataannya sekarang semakin banyak generasi millenial yang menduduki posisi level atas baik itu sebagai direktur atau general manager dengan upah puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Dengan SKILLS serta KOMPETENSI yang baik, saya sangat yakin tiap orang dapat mempunyai karier yang berkilau serta upah yang cetar berkumandang. 

Satu hal yang harus diperhatikan, miliki kemampuan yang bagus diatas rata-rata pegawai lainnya di kantor.

Kalau memiliki kapabilitas baik, saya yakin untuk umur diatas empat puluh, Anda semestinya bisa menjadi pimpinan di perusahaan dengan upah bulanan 80 sampai ratusan juta.

Saya punyai 5 rekan yang dahulu sempat kerja bersama 1 di perusahaan konselor manajemen terkenal di ibu kota.

Sekarang, semuanya sudah menjabat sebagai pucuk pimpinan untuk beberapa perusahaan besar nasional maupun global di Jakarta. 

Umurnya sekarang sekitar empat puluhan. Upahnya kemungkinan minimum 80 keatas dan juga dapat mobil operasinal sekelas Alphard.

Point saya simpel : sejauh Anda punyai kapabilitas, Anda dapat membangun karier sampai tingkat General Manager atau juga Pimpinan tertinggi

di perusahaan – bisa di tempat Anda bekerja sekarang atau di tempat lain dimana Anda akan dihargai lebih baik dengan bayaran yang juga lebih besar.

Cara meningkatkan aset kekayaan # 2 : Temukan sumber penghasilan sampingan 


penghasilan-sampingan-karyawan
Penghasilan sampingan untuk karyawan

Jika Anda berasa karier Anda di kantor remang-remang; ya jangan patah semangat. Pakai kreasi Anda untuk mulai cari penghasilan sambilan.

Sekarang dengan internet, segala hal semakin lebih gampang untuk mulai generate side penghasilan. Anda mulai bisa berjualan dengan online sela kerjaan penting Anda (triknya supaya berhasil dalam mengawali usaha sambilan, dapat Anda dalami dengan detail di sini).

Sebagai contoh ada trainer di sebuah perusahaan. Setiap hari Sabtu dimana hari libur, dia gunakan untuk cari penghasilan sambilan dengan membuat pelatihan untuk umum. Dan dari aktivitas publik trainingnya ia menghasilkan tambahan yang jumlahnya cukup besar. Dan ini tidak mengganggu pekerjaannya di kantor.

Dan ada juga yang di sela-sela kerjanya ia isi dengan berdagang via online. Produk yang dijual merupakan produk yang mudah dan tidak perlu penangangan khusus karena bentuknya digital. Produk yang dijual bisa dianter lewat e-mail, tidak perlu waktu khusus untuk membungkus dan mengirim ke tempat ekpedisi.

Cukup meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk kerja sampingan yang bisa dilakukan di rumah, setelah pulang kerja, tapi hasilnya dapat mengalahkan upah utamanya dari kantor tempat dia bekarja.

Pointnya : sebetulnya terdapat beberapa jam senggang di sela aktivitas pekerjaan yang dapat digunakan untuk menambahkan side penghasilan.

(Catatan jangan sampai menggunakan waktu kerja ya, ini bisa dikatakan korupsi waktu)

Cara mendapatkan income dari internet

Hanya terkadang kebanyakan menghabiskan jam-jam itu untuk beberapa hal yang merugikan atau tidak menghasilkan (bermain game,

nonton video di youtube atau facebook, nongkrong sambil ngobrol bebas di cafe atau mall yang semuanya bukan menghasilkan uang, tapi malah menghabiskan uang).

Cara meningkatkan aset kekayaan # 3: Merubah cara mendapatkan uang


cara-mendapatkan-uang-dari-internet
Pindah kuadran penghasilan

Maksud dari jalan ini pokoknya, seorang berpindah cara mendapatkan uang dari karier selaku pegawai swasta atau negeri menjadi entrepreneur atau punya usaha sendiri.

Bila berhasil, jalan ini bisa meningkatkan aset kekayaan dengan ekponensial. Ini kalau berhasil ya. Jika tidak berhasil ya justru dapat pailit serta terjerat utang.

Jalan berikut yang saya lalui dahulu, pada tahun 2004, saya memutuskan untuk resign dari perusahaan dan membuat usaha sendiri dengan yang bergerak di jasa yang sama.

Terang-terangan, apa yang dilakukan waktu itu sanggup tingkatkan penghasilan saya dengan mencengangkan. Penghasilan di tahun depannya setelah resign naik berkali-kali lipat hingga mencapai 10x dari upah paling akhir saya selaku karyawan swasta. Otomatis, itu meningkatkan aset kekayaan individual saya secara perlahan.

Dari pengalaman di atas, hal utama keberhasilan berpindah kuadran kemungkinan ini : 

Punya pengalaman serta jaringan dalam usaha yang ingin Anda rintis; serta sudah pasti kemampuan yang diperlukan supaya berhasil di bidang yang akan digeluti.

Kesalahan yang biasanya dilakukan beberapa orang adalah semangat untuk keluar dari pekerjaannya karena ingin membuka usaha sendiri.

Tapi dia tidak punya kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Tidaklah aneh bila nasibnya justru semakin nyungsep. Disangka modal berhasil usaha itu cukup dengan SEMANGAT.

2 Jalan cara meningkatkan aset kekayaan untuk Wiraswastawan/wati

cara meningkatkan aset kekayaan # 4 : Promosi kreatif dan produk yang hebat


strategi-promosi-kreatif
Strategi promosi kreatif

Kunci keberhasilan usaha itu sangat simpel : jualannya laris dan dapat untung ( halal barang yang dijual serta cara dagangnya sudah pasti ya ). Hal yang rumit adalah cara supaya laris terus setiap hari.

Sebenarnya cuman ada 2 kunci keberhasilan supaya dagangan laku serta usaha berhasil, yaitu : 1) promo kreatif serta 2) barang yang dijual memang bagus.

Beberapa orang tidak berhasil dalam wirausaha bukan lantaran apa yang dijualnya jelek; tetapi sebab dia kurang bagus dalam menjualnya. Atau mungkin karena tidak ada anggaran untuk marketing. Tidaklah aneh bila dagangannya tidak laku dan tempat usahanya berada dalam keheningan pelanggan.

Mayoritas yang berjualan online baik itu barang sendiri ataupun menjual barang orang lain yang tidak laris karena kurang kreatif dalam melakukan pemasaran. Parahnya adalah sudah tidak tahu tapi tidak ingin belajar ; serta yang ironis, malas lakukan praktik promo dengan stabil.

Lumrah, bila aset kekayaannya senantiasa bergerak, bergerak turun karena semakin terkikis angka inflasi.

Cara meningkatkan aset kekayaan # 5 : Kembangkan penghasilan dari beragam jalur 


multiple-streaming-income

Jika usaha penting telah cukup berhasil, maka boleh lakukan penganekaragaman jenis usaha. Baiknya, penganekaragaman ini masih satu bidang atau masih terkait dengan usaha sebelumnya.

Dengan cara tersebut, Anda dapat membuat jalan terbaik untuk tingkatkan aset kekayaan, dimana Anda mendapatkan penghasilan dari beragam sumber. Sumber pendapatan Anda bukan hanya 1, tetapi dapat 2 atau bahkan juga 3 sumber pendapatan.

Kursus online terbaik

Contoh, sesudah membentuk bisnis konselor di tahun 2004 dan sudah bisa berjalan dengan baik, saya mulai bisnis baru di dunia online.

Produk yang dijual berupa materi presentasi dan juga alat-alat manajemen. Dan di tahun 2006 membuka kursus menajemen secara online.

Dengan mempunyai beragam sumber penghasilan, Anda bisa menggandakan aset kekayaan secara cepat. 

Itu tadi 5 jalan kreatif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan aset kekayaan pribadi dengan jumlah yang masif. Dan tentu saja barokah.

5 jalan yang ditempuh ialah :

1. Tingkatkan dan percepat kenaikan karir Anda

2. Temukan sumber penghasilan sampingan

3. Merubah cara mendapatkan uang

4. Promosi kreatif dan produk yang hebat

5. Kembangkan penghasilan dari beragam jalur

Anda dapat lakukan lebih satu jalan di atas. Apapaun opsi jalan Anda, semuanya wajib ditangani dengan TEKUN serta penuh DAYA RESILIENSI.

Explore. Baca dan pahami kemudian terapkan ilmu yang sudah didapatkan.

Hanya dengan latihan rutin kemampuan akan meningkat. Sampai berjumpa di puncak kesuksesan


Oleh : Yodhia Antariksa (strategimanajemen)

Semoga artikel tentang cara meningkatkan aset kekayaan ini bisa membantu Anda mencapai jumlah aset yang diharapkan. Aamiin

Artikel bagus lainnya :

1. Cara Mengatasi Resesi Ekonomi

2. Strategi Rekrutmen yang Efektif

3. KPI Paling Penting bagi Perusahaan