Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Syarat dan Tugas Trainer Indomaret

Tugas Trainer Indomaret

Tugas Trainer Indomaret - Salah satu profesi yang memberikan dampak besar bagi perkembangan pribadi dan juga perusahaan di Indomaret adalah profesi trainer. Semakin besar perusahaan, semakin besar juga tantangan yang harus dihadapi. Setiap orang yang berada di perusahaan tersebut harus ikut tumbuh untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan.

Trainer sendiri terbagi menjadi 2, yaitu trainer internal dan trainer external. Untuk trainer internal biasanya ditugaskan untuk memberikan pelatihan yang berhubungan dengan keahlian khusus atau keahlian teknis. 

Sedangkan trainer eksternal biasanya memberikan pelatihan yang berhubungan dengan keahlian umum atau keahlian yang tidak dimiliki oleh trainer internal. Pelatihan-pelatihan seperti cara meningkatkan sales, service excellent dan lain-lain.  

Pengertian trainer

Trainer adalah seseorang yang memiliki keahlian/ skill dalam memberikan materi baik teknis maupun non teknis kepada karyawan. Tujuan dari seorang trainer adalah untuk meningkatkan keahlian, baik keahlian teknis yang berhubungan dengan pekerjaan maupun pengembandan diri karyawan.

Tugas trainer Indomaret

Sesuai dengan pengertian dari trainer, tugas trainer Indomaret adalah memastikan seorang karyawan bisa melaksanakan tugas di perusahaan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. 

Secara umum, tugas trainer Indomaret adalah : 

1. Menjelaskan informasi seputar dengan profil Indomaret kepada karyawan baru

2. Memberikan pelatihan kepada karyawan sehingga memiliki keahlian khusus sesuai posisinya

Persyaratan Trainer Indomaret

Bagi yang mau menjadi trainer di Indomaret, berikut ini persyaratannya :

  1. Pria, usia maks. 27 tahun
  2. Belum menikah
  3. Pendidikan D3, Semua Jurusan
  4. Penampilan menarik, komunikatif & menguasai Ms. Office

Kemampuan yang Diperlukan seorang Trainer

Untuk menjadi trainer profesional yang bisa memberikan dampak positif kepada setia peserta, berikut ini kemampuan perlu dimiliki :

1. Konsisten

Seorang trainer sebagaimana seorang guru, ia harus bisa menjadi contoh atau role mode dari materi-materi yang diberikan

2. Komunikasi yang baik

Memiliki skill public speaking yang baik sehingga memudahkan peserta dalam menerima materi yang diberikan. Ini merupakan salah satu skill yang paling penting yang perlu dimiliki. Karena sebagus apapun materi pelatihan kalau trainernya tidak memiliki public speaking yang baik maka hasilnya tidak akan optimal.

3. Kompeten

Tentu saja seorang trainer perlu memiliki keahlian yang sesuai dan juga teruji untuk materi-materi yang akan diberikan kepada peserta.

4. Kreatif

Kehalian dalam menyampaikan materi perlu ide-ide segar supaya suasana pelatihan lebih aktif dan menarik. Kemampuan menyerap materi peserta terbatas, sehingga perlu ada selingan aktivitas yang bisa membuat peserta kembali fokus.

5. Open minded

Trainer perlu memiliki pikiran yang terbuka akan hal-hal baru yang mungkin datang dari peserta pelatihan. Berani menerima saran dan kritik membangun untuk meningkatkan kualitas pelatihan.

6. Peduli

Membantu orang lain dalam meningkatkan kemampuan sama seperti seorang guru. Ia harus memiliki sikap peduli kepada karyawan. Sikap mau membantu orang lain agar bisa memiliki keahlian dan bisa bertumbuh.

7. Mampu bekerja sama

Bisa bekerja sama dengan panitia, peserta atau pihak lain dalam melaksanakan pelatihan maupun evaluasi.

Itu tadi penjelasan singkat dari profesi trainer, tugas trainer Indomaret beserta skill yang perlu dimiliki.

Semoga artikel ini bermanfaat. Baca artikel lainnya mengenai karir dan finansial di web edubisnis.my.id