Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga dan Janda

ide bisnis untuk ibu rumah tangga

10 Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga dan Janda

Dunia bisnis sekarang tidak hanya digeluti oleh para laki-laki atau suami, namun juga para ibu-ibu rumah tangga. Berikut ini akan dibahas 10 bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga dan janda. 

Wanita yang memiliki status sebagai ibu rumah tangga atau janda biasanya disibukkan dengan urusan rumah tangga dan anak. Buat ibu rumah tangga dan janda seharusnya bisa juga melakukan suatu bisnis untuk menghasilkan uang, walaupun hanya di rumah saja.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dan Janda

Kali ini edubisnis.my.id menyajikan 10 ide bisnis untuk ibu rumah tangga untuk membantu para ibu dalam mendapatkan penghasilan. Baik itu penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan untuk membantu keluarga.

Era sekarang bukan hanya suami atau laki-laki yang sibuk mencari penghasilan, namun para ibu rumah tangga pun ikut juga. Alasannya beragam, ada yang ingin membantu ekonomi keluarga, ada yang karena suami belum dapat pekerjaan, ada yang karena cerai, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 10 tipe bisnis paling cocok bagi ibu rumah tangga dan janda versi Koran Sindo:

1. Bisnis Online

Sudah banyak para ibu rumah tangga yang melakukan kegiatan bisnis ini, maka tidak heran bisnis online memiliki peringkat utama. 

Mereka tidak perlu ribet mengurusi bisnis seperti bisnis konvensional, karena jaman sekarang sudah ada layanan internet yang membuat segalanya menjadi mudah, termasuk berbisnis di dunia online. Buat kamu yang ingin belajar bisnis online, silakan klik disini

2. Toko Kelontong

Garasi di wilyaha rumah kita bisa dimanfaatkan untuk membuka sebuah toko kelontong yang menjual segala macam kebutuhan, usahakan yang kita sediakan adalah barang kebutuhan hidup agar perputaran uangnya lebih mengalir.

3. Jasa Menjahit

Jika kamu memiliki keahlian atau kemahiran dalam menjahit, ini adalah peluang besar. Tidak perlu modal besar, cukup mesin jahit dan perlengkapan jahit saja kita sudah bisa membuka usaha jasa menjahit kan?

4. Usaha Katering

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama yang tidak mungkin dicari orang. Jika kamu bisa memasak, maka hobi atau keahlian ini bisa dijadikan ladang uang untuk kamu. 

Katering biasanya dibutuhkan di lingkungan perkantoran, acara ulang tahun, arisan, acara keluarga dan sebagai nya.

5. Salon

Tidak sedikit para wanita muda atau dewasa yang mengeluarkan uangnya untuk merawat tubuh ke salon, bahkan mungkin kamu salah satunya. 

Ini bisa jadi peluang bagi kamu untuk mulai berbisnis salon bukan?

6. Penulis Lepas

Buat kamu yang hobi menulis, ini bisa juga jadi peluang buat kamu untuk mendapatkan mata pencaharian dari rumah lho. Biasanya pemilik website atau blog membutuhkan jasa penulis untuk menambah konten di website atau blog mereka.

7. Usaha Laundry

Waktu yang tidak banyak dan kesibukan di berbagai kegiatan membuat orang mencari cara praktis untuk mengurusi pakaian kotornya. 

Ini juga bisa jadi peluang besar untuk kita para kaaum ibu rumah tangga dan janda.

8. Warung Nasi

Banyak orang terjun ke bisnis  kuliner, karena ini adalah kebutuhan pokok semua orang. Bagi ibu rumah tangga atau janda yang hanya menghabiskan waktu di rumah, membuka warung nasi yang simple bisa jadi peluang bagus.

9. Butik

Kalau kamu adalah tipe orang yang selalu update di dunia fashion. Membuka butik adalah ide bagus buat kamu. Cukup butuh satu ruangan di rumah untuk membuat sebuah butik.

10. Kost-kostan

Salah satu bisnis yang disukai para ibu rumah tangga, karena kebutuhan sewa kamar tidak akan pernah berhenti. Terutama jika lokasi kost-kostan kita memiliki letak yang strategis, misalnya dekat dengan lingkungan perkantoran, kampus atau pabrik.

Semoga dengan 10 ide bisnis untuk ibu rumah tangga ini menambah referensi bagi para ibu yang mau membuka usaha. Dapatkan artikel lainnya tentang bisnis, keuangan, manajemen dan karir di blog edubisnis.my.id