Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permasalahan yang Sering Muncul dalam Evaluasi Usaha Adalah

Permasalahan yang Sering Muncul dalam Evaluasi Usaha Adalah

Permasalahan yang Sering Muncul dalam Evaluasi Usaha adalah? - Setiap usaha yang didirikan pasti akan mendapat permasalahan. Oleh karena itu, diawal perlu dibuat tujuan dari usaha tersebut yang tertuang dalam visi, misi dan target. Dengan mempunyai visi misi, artinya perusahaan tersebut mempunyai arah yang jelas yang harus dituju. Dan untuk mencapainya, perusahaan perlu membuat strategi mencapainya.

Evaluasi usaha perlu rutin dilakukan supaya bisa mengetahui kondisi perusahaan apakah dalam keadaan baik atau sebaliknya. Hal ini akan sangat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.

Yang biasanya dilakukan oleh para penguasaha pemula biasanya hanya mencari tahu berapa omset hari ini atau bulan ini. Padahal, omset hanyalah bagian kecil dari proses sebuah usaha.

Di artikel ini akah dibahas permasalah yang sering muncul dalam evaluasi usaha yang bisa kamu antisipasi supaya tidak terjadi di usahamu. 

Cara Mengatasi Permasalahan yang Sering Muncul Dalam Evaluasi Usaha

Untuk bisa bertahan dalam menjalankan usaha, kamu perlu melakukan evaluasi untuk menyesuaikan strategi yang telah dibuat dengan kondisi persaingan yang ada. Hal ini juga untuk meningkatkan kualitas produk sehingga bisa memberikan yang lebih baik untuk para pelanggan.

Berikut ini metode yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah dalam menemukan permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha :

  • Pertama kamu bisa membuat pertanyaan-pertanyaan untuk menganalisa masalah yang sedang dihadapi. Ini bisa menggunakan metode brainstorming. Metode ini tujuannya adalah mengumpulkan bahan sebanyak-banyaknya untuk selanjutnya dibahas di tahap selanjutnya.
  • Memperhatikan laporan kinerja organisasi, dari sini kamu bisa mengetahui bagaimana pencapaian kinerja organisasi
  • Gunakan diagram alir untuk mengetahui dampak dan juga resiko dari setiap permasalahan
  • Kamu juga bisa menggunakan metode evaluasi usaha dengan langsung terjun ke lapangan. Melihat langsung kondisi yang terjadi dan berbicara langsung dengan bagian yang terkait
  • Melakukan study banding dengan perusahaan lain yang memiliki kesamaan untuk mendapatkan cara pandangan atau paradigma baru. Hal ini juga untuk mengetahui kondisi di luar perusahaan.
  • Perlu juga menganalisa bentuk kerjasama yang selama ini sudah dilakukan.

Setelah melakukan metode evaluasi diatas, kamu akan menemukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Dari sini kamu bisa mulai membuat problem solvingnya. Sebagai gambaran, permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha adalah :

1. Kedisiplinan dan waktu kerja

Pertama, yang menjadi permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha adalah kedisiplinan kerja dan waktu kerja. Ini adalah masalah yang paling sering ditemui di setiap usaha. Dan hal ini bukan hanya terjadi di level karyawan, bahkan level staf atau manajemen juga sering terjadi.

Disiplin yang dimaksud disini adalah konsisten dalam melakukan aktivitas yang sebelumnya sudah disepakati. Aktivitas rutin yang memang harus dilakukan oleh setiap orang.

Dan permasalahan waktu seperti kehadiran, jadwal rapat yang tidak sesuai dengan apa yang diumumkan, agenda kegiatan yang mundur atau tertunda dan lainnya. Hal ini harus segera diperbaiki sebelum menjadi kebiasaan. Dan akan repot atau susah diatasi kalau hal ini sudah menjadi budaya perusahaan.

Selain produktivitas yang tidak optimal, kepercayaan dari karyawan maupun pelanggan juga akan menurun. 

Oleh karena itu, perlu peraturan dan juga tindakan tegas dari manajemen untuk segera mengatasi permasalahan usaha ini. Perlu ada kerjasama dari semua pihak, terutama atasan untuk mengatasi hal ini.

Untuk awal, perlu ada penanggung jawab dari manajemen yang menjaga aturan kedisipilinan dan waktu ini berjalan. Dia yang harus memantau dan memastikan semua melakukan kesepatakan ini. Dan, dia harus yang pertama atau menjadi contoh bagi karyawan lain.

2. Manajemen Keuangan

Yang selanjutnya, permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha adalah tentang manajemen keuangan. Ini adalah darah dari sebuah usaha. Masalah keuangan bukan hanya kondisi keuangan yang sedikit. Kondisi keuangan yang banyak atau melimpah pun bisa menjadi sebuah masalah.

Bisa membaca laporan keuangan merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha atau pimpinan. Salah dalam membaca laporan keuangan akan berdampak signifikan.

Kondisi keuangan merupakan salah satu pertimbangan yang dipakai dalam menentukan pengeluaran usaha seperti marketing, biaya produksi, jumlah karyawan dan hal lainnya yang terjadi dalam sebuah usaha.

3. Persaingan usaha

Permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha baik usaha besar maupun usaha kecil adalah persaingan usaha. Semakin banyaknya usaha sejenis menuntut adanya inovasi untuk menghindari perang harga yang umum terjadi.

Salah satu efek positif dari adanya kompetitor adalah kamu jadi punya sparing partner. Kompetitor bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi usaha, seperti dari kualitas produk, layanan, dan harga.

Persaingan usaha juga menuntut kamu untuk memiliki pembeda dengan bisnis serupa. Pembeda yang mempermudah konsumen untuk memilih usahamu.

Pembeda ini juga bisa kamu jadikan alasan kenapa konsumen harus beli dari kamu dan beli sekarang. Jadi, persaingan usaha atau kompetitor bisa berdampak positif bagi usaha jika kamu memiliki paradigma yang benar.

Dan untuk bisa mendapatkan manfaat dari kompetitor, maka kamu perlu melakukan evaluasi rutin dan membuat strategi baru dari hasil evaluasi tersebut.

4. Marketing dan Branding

Hal umum yang menjadi permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha adalah marketing dan juga branding. Untuk perusahaan kecil, sangat sedikit yang memperhatikan tentang branding. Padahal, banyak perusahaan besar dari segi nilai lebih besar branding dibandingkan dengan aset yang mereka miliki.

Branding akan mempermudah pelanggan untuk memilih usahamu. Dan ini juga akan meringankan beban marketing.

Dan untuk mulai meningkatkan branding, hal yang perlu rutin dilakukan adalah marketing. Bagaimana membuat banyak orang kenal dengan usahamu (meningkatkan awareness).

5. Scale up

Dan hal terakhir yang menjadi permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha adalah kemampuan dalam meningkatkan usaha atau scale up. 

Terima kasih telah membaca artikel permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha. Kalau kamu mendapat manfaat dari artikel ini, silahkan share ke orang lain.

Baca juga artikel lainnya tentang karir, manajemen dan finansial di web edubisnis.my.id.