Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuasai Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Kamu sedang melamar pekerjaan dan sudah mendapat undangan wawancara? Kuasai 10 pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya yang biasa ditanyakan oleh user atau HRD.

Merasa takut atau gugup saat wawancara merupakan hal yang biasa, apalagi untuk mereka yang interview kerja pertama kali. Salah satu cara untuk mengatasinya, kamu perlu persiapan.

Dengan tahu gambaran proses interview, itu akan sedikit mengurangi rasa takut. Dan dengan persiapan untuk menjawab pertanyaan yang akan diberikan HRD, itu akan membuat kamu lebih percaya diri.

Sama seperti kamu menghadapi ujian di sekolah. Semakin bagus persiapan yang sudah kamu lakukan, maka semakin santai kamu menghadapinya.

Interview kerja adalah proses untuk mencari kecocokan antara perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan dan pelamar yang membutuhkan pekerjaan.

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Supaya kamu lebih siap dalam menghadapi interview, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul. Pahami pertanyaan-pertanyaan ini dan latih dalam menjawabnya supaya lancar saat proses interview nanti.

1. Ceritakan tentang dirimu

Bagi yang pertama kali mendapat pertanyaan ini, mungkin kamu akan bingung apa yang harus diceritakan. Apakah kamu menceritakan apa yang kamu tulis di CV seperti nama, alamat, pendidikan dari SD hingga pendidikan terakhir, tempat dan tanggal lahir dan seterusnya sampai ke pengalaman kerja?

Ya, perlu kamu tahu bahwa ketika proses wawancara, waktu yang dimiliki biasanya terbatas. Hal ini karena user harus mewawancarai banyak pelamar. Jadi kamu harus efektif dalam memanfaatkan waktu ini.

Untuk menjawab pertanyaan ceritakan tentang dirimu, kamu bisa menjawabnya dengan nama, umur dan latar belakang pendidikan terakhir. Kemudian jelaskan skill yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar yang tentunya bisa memberikan kontribusi pada perusahaan.

Untuk kamu fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, kamu bisa menceritakan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti ketika sekolah atau kuliah.

2. Mengapa melamar di perusahaan ini?

Ketika melamar di sebuah perusahaan, tentu ada faktor yang melatarbelakanginya. Untuk yang baru pertama kali interview, mungkin juga yang beru pertama kali melamar bisa saja karena tertarik dengan besarnya perusahaan, gaji yang besar atau yang lainnya.

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahu motivasi kerja di perusahaan tersebut. Jadi jangan sampai kamu dicap sebagai orang yang orientasi melamar di perusahaan adalah karena uang atau gaji.

Hindari juga jawaban yang berhubungan dengan besarnya perusahaan. Hal ini kurang dihargai oleh user.

Jawab pertanyaan interview ini dengan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis yang digeluti perusahaan. Ceritakan bagaimana passion atau skill yang kamu miliki sesuai dengan visi misi perusahaan. 

3. Sebutkan kelebihan dan kekuranganmu?

Setiap orang pasti punya kelebihan dan juga kekurangan. Rekruter ingin tahu apakah kamu sudah mengenal diri kamu atau belum.

Kamu yang mendapat pertanyaan interview kerja pertama kali mungkin akan menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan ini  dengan jawaban kemana-mana dan tidak terarah.

Jawab pertanyaan ini dengan menyebutkan kelebihan yang kamu miliki yang berhubungan dengan pekerjaan yang lamar. Jawab dengan jujur dan tanpa melebih-lebihkan.

Jelaskan skill atau keterampilan yang kamu miliki baik teknis maupun non teknis yang bisa memberi kontribusi pada perusahaan, terutama posisi yang dilamar.

Begitupun dengan kekurangan, jelaskan yang menjadi kurangan yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun tidak berhenti disana, sebutkan juga rencana atau usaha yang kamu lakukan untuk memperbaikinya.


Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya tentang gaji


4. Berapa gaji yang diinginkan?

Pertanyaan interview kerja pertama kali yang paling sering muncul berikutnya adalah tentang gaji. Untuk kamu yang pertama kali interview akan bingung menetapkan berapa besarannya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus riset terlebih dahulu besaran gaji untuk posisi yang dilamar. Ketahui range gaji sesuai dengan tempat kamu bekerja.

Informasi ini akan sangat berguna untuk memberikan penawaran kepada HRD. Untuk detailnya, kamu bisa membaca artikal "Jawaban saat Interview tentang Gaji

5. Apa rencana 5 tahun kedepan?

Tujuan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui motivasi dan kehandalan dirimu. Yang perlu diingat disini adalah jelaskan rencana 5 tahun kedepan yang berhubungan dengan karir atau pekerjaan.

Kalau kamu belum punya rencana karir, berarti ini saatnya kamu untuk membuatnya. Ini akan mempermudah dalam menjawab pertanyaan ini.

Jelaskan secara garis besar rencana karir kamu dan apa tahapan yang kamu buat dari posisi sekarang. Misalnya ingin menjadi manajer, maka kamu menjelaskan tahapan untuk menjadi manajer dan juga hal-hal yang perlu kamu kembangkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baik, kita lanjutkan ke pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya yang ke enam.

6. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan?

Hal yang perlu kamu lakukan sebelum datang ke interview kerja adalah mencari informasi tentang perusahaan. Untuk sekarang sangat mudah, kamu bisa mendapatkannya dengan browing di internet. Kamu bisa mendapat informasi yang valid langsung dari website atau sosial media official perusahaan.

Pilih point-point penting yang akan kamu jelaskan. Kumpulkan informasi tersebut untuk membantu menjawab pertanyaan ini.

Berikan jawaban yang natural dan hindari kesan seperti hafalan. Beritahu juga hal yang berkesan untuk kamu.

Baca juga : Contoh Motivasi Kerja saat Interview

7. Mengapa memilih posisi ini?

Pertanyaan ini memiliki kesamaan dengan tentang motivasi kerja. Pertanyaan motivasi kerja berhuhungan dengan non teknis, dan pertanyaan mengapa memilih posisi ini lebih kepada hal teknis. 

Untuk fresh graduate, bisa jadi ini adalah pertanyaan interview kerja pertama kali. Jadi kamu belum pernah punya pengalaman dengan bidang ini.

Namun jangan khawatir, kamu bisa pelajari hal-hal yang berhubungan dengan posisi ini. Cari tahu tentang tujuan, kewenangan dan juga job desc. Dan hubungkan dengan kemampuan, pengalaman serta latar belakang pendidikan yang kamu miliki.

Ketika user tahu kamu memiliki pengetahuan tentang posisi ini dan juga related dengan kemampuan, maka peluang kamu untuk diterima semakin besar.

8. Apa yang bisa kamu kontribusikan untuk perusahaan?

Pertanyaan ini akan mudah dijawab oleh orang yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya. Nah bagi kamu yang fresh graduate, kamu bisa menjawabnya dengan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti.

Kamu bisa menjelaskan pengalaman kegiatan atau posisi di organisasi yang kamu ikuti bisa kamu terapkan di perusahaan.

Lebih baik jika kamu pernah menjadi ketua atau pimpinan dari kegiatan atau organisasi tersebut. Oleh karena itu penting punya pengalaman organisasi dalam mencari kerja. 

Hal ini bisa sebagai pengganti pengalaman kerja. Karena perusahaan juga adalah sebuah organisasi. Aktivitas yang dilakukan mempunyai kemiripan. 

9. Apa yang dilakukan jika menemui kendala pekerjaan?

Setiap pekerjaan pasti akan menemui masalah atau kendala. Inilah salah satu manfaat yang kamu dapat ketika kamu aktif berorganisasi. Kamu akan mendapatkan pembelajaran langsung bagaimana mengatasi masalah.

Jawab pertanyaan interview ini dengan pengalaman yang pernah kamu alami di organisasi. Pecahkan masalah dengan mencari akar masalah dan fokus pada solusi.

Berikan kesan kepada HRD bahwa kamu cukup dewasa dalam mengatasi masalah dan siap untuk menyelesaikannya.

10. Apakah bersedia lembur?

Jawab pertanyaan ini sesuai dengan kemampuan. Apakah kamu bisa menambah jam kerja atau menambah hari kerja. Jelaskan juga alasan atau catatan jika ada. 

Misalnya kamu bersedia bekerja di akhir pekan kalau diberitahu minimal 2 hari sebelumnya. Hal ini karena kamu sudah punya jadwal rutin seperti menjenguk orang tua, kuliah, atau agenda lainnya.

Semoga artikel pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya ini bermanfaat dan bisa membantu kamu lolos dalam interview. Baca juga artikel  5 Tips Cari Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate.