Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Supervisor, Peran dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Supervisor, Peran dan Tanggung Jawab

pengertian-supervisor-adalah


Di artikel ini akan dibahas pengertian supervisor beserta peran dan tangunggung jawabnya. Ini bisa menjadi gambaran bagi Anda yang akan atau sedang dalam posisi pekerjaan supervisor.

Secara struktur pekerjaan, jabatan supervisor berada dibawah manager. Mari kita bedah pekerjaan supervisor.

Pengertian Supervisor

Pertama-tama, pertanyaan yang mungkin seringkali kita dengar adalah : "Apakah seorang supervisor itu pasti seorang pemimpin?" Bagaimana menurut Anda?

Benar, supervisor adalah seorang pemimpin, namun peran supervisor bukan hanya itu saja. Secara etimologi, supervisor diambil dari dua kata. Super yang artinya hebat atau berkemampuan tinggi dan visor yang diambil dari kata vision atau penglihatan. Supervisor artinya memiliki penglihatan yang hebat.

Jadi definisi secara harfiah untuk seorang supervisor adalah orang yang berkemampuan tinggi dalam melakukan pengamatan dan penglihatan. Seorang supervisor harus membekali dirinya dengan ilmu yang tinggi karena kemampuannya untuk mengetahui arah yang harus dituju saat membawa anggotanya merupakan kunci untuk mencapai tujuan perusahaan.

Peran Supervisor

Selain itu, dalam perannya seorang supervisor juga bertindak sebagai jembatan antara pihak manajerial dan anggota tim. Apa yang diharapkan oleh anggota tim harus cepet tersampaikan dengan baik ke pihak manajemen dan begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, menjadi seorang supervisor juga bukan hal yang mudah karena setidaknya Anda harus memiliki tiga keterampilan ini.

Tanggung Jawab Supervisor

Untuk bisa menjalankan tanggung jawabnya, seorang supervisor dituntut untuk memiliki keterampilan berikut :

1. Keterampilan teknis

Seorang supervisor wajib memiliki keterampilan teknis. Apa itu? keterampilan teknis adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan skrub atau cakupan pekerjaan yang dimiliki oleh seorang supervisor. 

Misalnya jika kita ambil contoh seorang supervisor di industri barang pakai. Maka keterampilan teknis disini berkaitan dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan alat agar mudah dalam melakukan pemantauan kerja.

2. Keterampilan manusiawi

Apa yang dimaksud dengan keterampilan manusiawi? Sesuai dengan namanya, keterampilan interpersonal adalah kemampuan seorang supervisor dalam menjalin hubungan kerja dengan orang atau pihak lain. Dalam tahap ini, seorang supervisor harus menguasai kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Misalnya bagaimana cara melakukan komunikasi secara tepat dan efektif dengan tujuan mempermudah pekerjaannya dan membantu anggota tim dalam mencapai tujuan bersama.

3. Keterampilan konseptual

Keterampilan lainnya yang wajib dimiliki oleh seorang supervisor adalah keterampilan konseptual. Hal ini menyangkut bagaimana seorang supervisor bukan hanya memahami cakupan pekerjaannya tapi juga mengerti alur pekerjaan divisi lain yang berhubungan dengannya. 

Tujuannya adalah dengan adanya keterampilan konseptual, seorang supervisor akan mampu menyelesaikan pekerjaannya yang berhubungan dengan pihak-pihak lain di luar divisinya tanpa hambatan. Apalagi jika sampai harus terjadi salah paham. 

Nah, itulah pengertian supervisor beserta peran dan tanggung jawabnya. Mudah atau sulit? Coba tuliskan pendapat anda di kolom komentar. Mari kita menyelam lebih dalam dengan membahas ruang lingkup dari pekerjaan seorang supervisor. Apakah sudah sesuai dengan yang Anda kerjakan?

Oiya, seorang supervisor bertanggung jawab kepada manager ya.

Dapatkan artikel lainnya seputar dunia kerja di website edubisnis.my.id