Berapa Jumlah Gaji yang Cukup untuk bisa Hidup Layak?

Berapa Jumlah Gaji yang Cukup untuk bisa Hidup Layak? Kita semua tentu menginginkan jumlah gaji yang cukup untuk bisa hidup layak. Bisa memenuhi ...

Konten [Tampil]


gaji cukup hidup layak
Gaji cukup untuk hidup layak

Berapa Jumlah Gaji yang Cukup untuk bisa Hidup Layak?

Hidup layak di kota besar merupakan impian banyak orang, mungkin termasuk Anda. Bisa memenuhi kebutuhan hidup ideal yang diimpikan.


Dan kita berharap gaji atau hasil usaha yang didapatkan bisa meningkat terus setiap tahun. Kenapa?


Karena nilai mata uang terus menurun dan harga-harga merangkak naik. Kalau gaji kita tetap, maka secara tidak sadar kemampuan beli kita akan terus menurun. Sedangkan kebutuhan hidup bergerak sebaliknya.


Bahkan, kalau pun gaji kita naik tapi jumlahnya tidak signifikan, itu artinya daya beli kita tetap atau tidak bertambah.


Ya, itu semua karena inflasi yang akan terus mengurangi nilai uang kita.

inflasi naik nilai mata uang turun
Nilai mata uang terus turun

Banyak yang bertanya berapa gaji atau penghasilan yang harus didapat? Gaji yang bisa membuat hidup layak walaupun digerogoti inflasi.


Apakah 10 juta perbulan cukup untuk menutupi kebutuhan hidup layak ? Atau mungkin harus diatas 10 juta perbulan ?


Banyak yang menginginkan untuk bisa hidup dengan layak, tapi tidak tahu berapa gaji atau penghasilan yang diperlukan?


Akhirnya orang-orang hanya menebak-nebak gaji yang pas atau menebak total biaya kebutuhan hidup untuk dirinya.

Simulasi Biaya Hidup Layak

Kita coba membuat simulasi untuk pengeluaran hidup bulanan bagi yang tinggal di kota-kota besar. Kira-kira berapa gaji yang cukup.


Kebutuhan atau pengeluaran biaya bulanan di kota tentu berbeda dengan pengeluaran di desa. Bahkan antara kota yang satu dengan kota yang lain juga mempunyai perbedaan. Hal inilah yang mendasari adanya UMK (upah minimum kota).


Jumlah penghasilan yangbisa memenuhi harapan Anda harapkan atau sesuai dengan gaya hidup yang Anda bayangkan. Tentunya supaya enjoy dengan aktivitas harian baik di tempat kerja maupun di rumah dan lingkungan sosial.


Dan juga bisa tidur tanpa terganggu pikiran karena ada yang belum terselesaikan tentang keuangan. Kalau Anda masih mengalami kekurangan baik itu dari cicilan yang tertunggak, atau dikejar-kejar oleh deb collector, maka Anda belum hidup layak.


silahkan hitung terlebih dahulu berapa jumlah kebutuhan hidup layak sesuai dengan yang Anda harapkan. Hasil dari proses ini adalah keluar jumlah rupiah. Sepuluh, lima belas atau dua puluh juta rupiah? Atau jumlah yang lainnya.


Kita coba membuat simulasi pengeluaran biaya bulanan suami istri yang memiliki dengan anak-anak yang masih sekolah. Biaya ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.


Kita mulai dari pengeluaran dasar yang umum untuk tinggal di kota.


Biaya Makan dan Pengeluaran Rutin

pengeluaran rumah tangga

Pengeluaran rutin rumah tangga yang bisa tercover gaji atau pendapatan. Pengeluaran sehari-hari untuk kebutuhan makan, membayar iuran bulanan seperti listrik, air, iuran RT, iuran keamanan, uang jajan serta sumbangan lain-lain.


Estimasi untuk pengeluaran bulanan di daerah kota besar sekitar 4 juta rupiah.


Biaya Sekolah Anak

biaya sekolah dan pendidikan anak
Biaya pendidikan anak


Kalau sekolah di sekolah negeri biayanya memang ringan. Karena sudah ada subsidi pendidikan dari pemerintah.


Tapi, kalau dibandingkan dari segi kualitas dan fasilitas, maka sekolah swasta masih lebih baik. Apalagi sekolah yang sudah memiliki nama besar atau sekolah islam terpadu. 


Untuk pengeluaran pendidikan 2 anak, ditambah dengan biaya les dan lain-lain jumlahnya sekitar satu juta.


Biaya Transportasi dan Komunikasi


hidup layak dengan transportasi dan komunikasi
Transportasi dan komunikasi

Biaya perjalanan bolak-balik ke kantor memang akan lebih ringan kalau naik kendaraan umum. Tapi dengan kondisi yang cukup padat dan jadwal


yang terbatas. Kalau membawa kendaaran sendiri akan lebih fleksibel dari segi waktu (diluar kondisi macet). Kalau diasumsikan membawa kendaraan sendiri, biaya untuk transportasi seperti bensin dan lain-lain bisa mencapai Rp 1,5 juta.


Pengeluaran untuk komunikasi seperti telepon dan internet plus tv sekitar Rp 2 juta. Ini pulsa untuk semua anggota keluarga ya, bukan hanya anggaran suami.


Biaya Cicilan Mobil

hidup layak dengan kredit mobil
Kredit mobil


Ada beberapa perusahaan yang menerapkan fasilitas kepemilikan mobil bagi karyawan level tertentu. Beruntung kalau di perusahaan Anda juga menerapkan ini.


Harga mobil standar yang nyaman untuk keluarga keluaran Toyota, Daihatsu atau yang lainnya dikisaran 150 juta keatas. Kalau Anda membeli mobil dengan cara kredit, perkiraan cicilan bulanan sekitar empat juta.


Biaya Cicilan Rumah

kredit-rumah
Kredit rumah


Hal yang berbeda kalau Anda tidak mengeluarkan biaya tempat tinggal karena ada fasilitas dari perusahaan. Hal ini bisa mengurangi beban bulanan yang cukup besar.


Tapi, sebuah keumuman setiap orang ingin memiliki rumah sendiri dan hidup layak di perumahan. Dan cara mudah untuk memilikinya adalah dengan cara kredit dengan jangka waktu yang lama, bisa sampai 15 tahun. Dan harga rumah minimalis untuk sekarang sekitar Rp 400 juta. Hal ini tentu sesuai dengan lokasi perumahan itu berada.


Kalau lah harga rumah sekitar 400 juta, maka cicilannya bisa 4 juta perbulan.


Dari gambaran pengeluaran bulanan di atas totalnya Rp 15,5 juta.


Jumlah tadi belum termasuk menabung atau investasi ya. Atau anggaplah kita menabung Rp 500.000 setiap bulan. Berarti totalnya menjadi Rp 16 juta.


Bandingkan dengan kondisi penghasilan Anda sekarang. Apakah sudah mendekati hidup layak atau masih jauh ?


Nah, sekarang bagaimana untuk mencapai penghasilan Rp 16 juta tadi dengan cepat dan tentunya halal?


Perlu dibuat strategi untuk mempermudah mencapai hidup layak di kota besar seperti Jakata. Dan tentunya Anda perlu melakukan sesuatu yang tidak biasa dan bisa jadi belum pernah Anda lakukan sebelumnya.


Einstein mengatakan bahwa hanya orang gila yang menginginkan hasil yang berbeda tapi tetap melakukan hal yang sama.


Ini hanya sebagai hitungan kasar untuk pengeluaran hidup bulanan. Kalau mau lebih detail bisa disesuaikan dengan KepMenaker tentang hitungan hidup layak yang dibagi menjadi beberapa komponen, yaitu : 

  1. Makanan & Minuman 
  2. Sandang 
  3. Perumahan 
  4. Pendidikan 
  5. Kesehatan 
  6. Transportasi 
  7. Rekreasi dan Tabungan

Mau dapat pertanyaan-pertanyaan inti yang bisa memandu Anda untuk medapatkan penghasilan tambahan?


Dapatkan panduan yang berisi 12 langkah untuk meraih penghasilan tambahan yang Anda harapkan. Dan tentunya yang bisa memenuhi kehidupan layak yang Anda inginkan.


Download gratis ebook Meraih Kebebasan Finansial


Dan juga bonus 4 ebook lain tentang karir impian, mindset orang sukses, inovasi dan motivasi.


Baca juga :

1. Cara Mengatasi Resesi Ekonomi

LihatTutupKomentar