Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian tentang KPI - Key Performance Indicator

Pengertian KPI - Key Performance Indicator

key-performance-indicator-kpi
Key performance indicator

Apa itu KPI? KPI atau Key Performance Indicator adalah sebuah matrix yang digunakan untuk membantu organisasi menentukan dan mengukur kemajuannya terhadap sasaran atau tujuannya. Ada sebuah ungkapan yang menarik bahwa sesuatu yang tidak dapat diukur maka tidak bisa diatur, atau akan sangat sulit sekali untuk diatur. 

Begitu juga dengan sasaran tujuan organisasi kita. Kalau kita tidak membuat ukuran-ukuran yang spesifik, maka sulit buat organisasi kita untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai atau yang kita jadikan sebagai gol dalam organisasi itu sendiri.

Untuk menilai suatu bisnis apakah sehat atau tidak, salah satunya bisa menggunakan key performance indicator. Dengan KPI, perusahaan bisa menentukan tindakan terbaik dalam menyikapi kondisi terkini.

Lalu bagaimana kemudian langkah-langkah atau cara membuat KPI (key performance indicator) perusahaan. Di artikel kali ini kita akan bahas 4 langkah dalam menentukan atau cara membuat key performance indicator. Mari kita simak apa aja itu.

Cara membuat KPI perusahaan

Sebelum kita masuk ke tahapan persiapan, pertama kita harus memahami terlebih dahulu bahwa Key Performance Indicator dalam perusahaan itu harus mencerminkan tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan tersebut. Artinya cerminan dari goal atau tujuan itu harus benar-benar sudah dipahami sepenuhnya.

KPI harus mencerminkan  tujuan atau gol dari perusahaan

1. Tetapkan tujuan

Langkah pertama yang dilakukan sebelum membuat key performance indicator adalah kita harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Misal kita kita menetapkan target penjualan pada tim marketing adalah satu miliar dalam satu bulan atau satu tahun. Maka tujuan tadi itu benar-benar sudah jelas. Pastikan tujuan yang dicapai itu benar-benar sudah dipahami sepenuhnya 

2. Bisnis proses

Langkah kedua dalam membuat key performance indicator adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tahap berikutnya adalah pastikan bisnis prosesnya itu telah terdefinisi dengan jelas. Jadi dalam hal ini, apa kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai target tadi.

Misal dalam marketing tadi target penjualan 1 miliar per tahun, maka yang harus dilakukan seperti menyebar brosur, iklan di sosial media, kanvasing, ikut pameran dan lain-lain. Kita perlu memastikan bisnis proses tersebut sudah benar-benar terdefinisi dengan jelas sehingga mudah bagi kita untuk membuat tujuan-tujuan dari gol yang ingin kita capai tadi.

3. Tetapkan ukuran

Tahap berikutnya, jangan berhenti sampai pada apa yang dilakukan saja. Perlu juga kita menetapkan ukuran kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai. Ukurannya harus jelas ya. Bisa berapa banyak brosur yang ingin sebar, berapa budget iklan, berapa target konversinya dan sebagainya.

Inilah yang sebenarnya kemudian disebut dengan KPI atau key performance Indicator. Jadi ada ukuran-ukuran yang jelas dalam membuat KPI tadi.

4. Melakukan monitor

Dan langkah terakhir dalam membuat key performance indicator menetapkan ukuran-ukurannya adalah memonitor setiap kondisi yang terjadi. Harus ada evaluasi serta melakukan perubahan yang diperlukan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Baik untuk tujuan dalam jangka pendek maupun tujuan dalam jangka panjang.

Pastikan kita melakukan evaluasi kemudian kita monitor. Misalkan targetnya setahun 1 miliar, berarti bisa kita pecah sebulan kita harus bisa targetkan berapa brosur yang disebar berapa, budget iklan di bulan tersebut dan seberapa efektif hasil dari semua yang kita lakukan tadi.

Kalau sudah efektif, bisa kita pertahankan. Jika ternyata ada hal yang belum efektif. maka bisa kita perbaiki. Misalnya ketika menyebar brosur kok hasilnya tidak terlalu bagus? mungkin wilayahnya memang tidak sesuai target market, jadi bisa kita geser ke tempat lain dan sebagainya.

Itu tadi cara membuat key performance indicator. Mudah-mudahan artikel cara membuat KPI perusahaan ini membantu Anda dalam meningkatkan performa perusahaan.